PENGARUH PENGGUNAAN CDI RACING TERHADAP KARAKTERISTIK PERCIKAN BUNGA API DAN KINERJA MOTOR 4 LANGKAH 110 CC TRANSMISI AUTOMATIC TAHUN 2009

DANNI PRIANSAH (2017) PENGARUH PENGGUNAAN CDI RACING TERHADAP KARAKTERISTIK PERCIKAN BUNGA API DAN KINERJA MOTOR 4 LANGKAH 110 CC TRANSMISI AUTOMATIC TAHUN 2009. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (648kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Sistem pengapian memiliki peranan penting pada sepeda motor. Sistem
pengapian yang digunakan pada sepeda motor saat ini kebanyakan menggunakan
CDI (Capasitor Discharge Ignition) yang memiliki limiter. CDI limiter memiliki
batasan dalam memercikan bunga api pada rpm tinggi kurang stabil, sehingga
ketika motor dipacu pada putaran tinggi terjadi penurunan performa pada sepeda
motor. Peningkatan performa pada sepeda motor dilakukan dengan penggantian
CDI yang memiliki /imiter lebih tinggi dari standarnya atau sampai unlimiter
untuk memperoleh performa mesin yang lebih optimal.

Pengujian dilakukan menggunakan sepeda motor Honda Beat tahun 2009
dengan kapasitas mesin 110 cc transmisi au/omatic dengan alat uji Dynamomeler.
Pengujian dilakukan dengan penggunaan variasi jenis CDI dengan menggunakan
CDI Standar dan CDI Predator Dual Map. Parameter yang diamati adalah
percikan bunga api busi, torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis CDI memiliki karakteristik
percikan bunga api yang berbeda. Torsi maksimal dihasilkan dengan
menggunakan CDI Predator Map | sebesar 9,87 N.m pada putaran mesin 5162
rpm dan daya maksimal dengan menggunakan CDI Predator Map | sebesar 7,5
HP pada putaran mesin 6159 rpm. Konsumsi bahan bakar terendah didapat pada
penggunaan CDI Standar dimana dengan | liter premium dapat menempuh 51,93
km/1.

Kata kunci: CDI racine. Torsi. Dava. Percikan bunva api

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 25 Jun 2022 02:10
Last Modified: 25 Jun 2022 02:10
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32552

Actions (login required)

View Item
View Item