AGUNG SUPRA WIJAYA (2012) UBUNGAN BIMBINGAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS 2 IPS DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (214kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (2MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (238kB)
BAB I.pdf
Download (6MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (619kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (151kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bimbingan guru BK dalam kedisiplinan belajar siswa, karena adanya tingkat kedisiplinan yang kuat pada din siswa dalam mematuhi tata tertib di sekolah, dimana hal itu cukup menggumkan jika dibandingkan dengan sekolah standar lainnya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil Tatar belakang SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Adapun yang menjadi subyeknya adalah siswa SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang mempunyai siswa berjumlah 748 siswa, dan yang menjadi sampel yaitu siswa kelas 2 IPS, pada kelas 2 IPS dibagi menjadi tiga kelas yaitu IPS 1 berjumlah 35 siswa, IPS 2 berjumlah 34 siswa, IPS 3 berjumlah 32 siswa dan, sehingga jumlah keseluruhan dari kelas dua IPS berjumlah 101 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, obsevasi dan dekomentasi. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan guru BK di kelas dengan kedisiplinan belajar siswa di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hasil penelitian ini dapat dilihat dengan uji person correlation product moment didapatkan nilai r hitting sebesar 0,302 dan r tabel dengan tare signifikan 5% = 88-2 =88-2= 86 diketahui nilai r tabel sebesar 0,2096. r hitting > r tabel nilai dan nilai signifikansinya sebesar 0,004 lebih kecil 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan bimbingan guru terhadap kedisiplinan siswa. Hasil uji korelasi pada tabel diatas menunjukkan korelasi positif yaitu semakin baik bimbingan guru, maka semakin baik kedisiplinan siswa.
Kata kunci : Bimbingan Guru BK & Kedisiplinan Belajar
xv
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 25 Jun 2022 02:38 |
Last Modified: | 25 Jun 2022 02:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32561 |