PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP TINGKAT INTELIGENSI ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI POGUNG KIDUL SLEMAN

DIANA ASTUTI (2007) PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP TINGKAT INTELIGENSI ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI POGUNG KIDUL SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Pendidik selalu mencoba mengembangkan program khusus untuk
mengatasi hambatan dan kesulitan belajar pada siswa. Oleh karena itu diperlukan
suatu metode baru untuk mengoptimalkan kerja otak sejak dini. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh brain gym terhadap inteligensi
anak yang dilihat dari kemampuan belajar.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimental
lapangan, studi kohort dan bersifat analitik. Subjek penelitian ini adalah anak usia
sekolah dasar yang sedang bersekolah di SD Pogung Kidul Sleman sebanyak 57
orang. Pada penelitian ini subyek diikuti secara prospektif selama 2 minggu untuk
melihat ada tidaknya efek setelah diberikan perlakuan, kemudian dilakukan uji
statistik dengan Paired Sample T Test.

Hasil uji dengan Paired Sample T Test didapatkan hasil correlation 0.667
dengan angka signifikansi (0.000) < 0.05 artinya terdapat hubungan erat sebelum
dan sesudah melakukan brain gym terhadap inteligensi anak. Dari hasil penelitian
dapat dibuktikan bahwa brain gym mempunyai pengaruh terhadap inteligenst
anak, yang dilihat dari peningkatan kemampuan belajar setelah melakukan brain
gym secara rutin.

Kata kunci: Regain ovwm Intelicense: Kemamnian Relaiar

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Profesi Dokter
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 25 Jun 2022 06:16
Last Modified: 25 Jun 2022 06:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32585

Actions (login required)

View Item
View Item