PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB DENGAN KEGIATAN AKTIF DEBAT BERBAHASA ARAB UNTUK MAHASISWA SEMESTER DUA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

DINNI MASYITOH LINDRIANA WATI (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB DENGAN KEGIATAN AKTIF DEBAT BERBAHASA ARAB UNTUK MAHASISWA SEMESTER DUA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

Latar belakang dari skripsi ini adalah pada umumnya kemampuan
berbahasa Arab atau maharotul kalam bagi mahasiswa semester dua Program
Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang masih
kurang lancar. Sedangkan, untuk bisa lancar berbahasa, perlu adanya pembiasaan
dan latihan yang berkelanjutan. Walaupun didalam kelas sudah ada beberapa mata
kuliah yang menambah bahkan melatih kemampuan berbahasa, tetapi mata kuliah
tersebut lebih banyak yang condong kepada materi, namun kurang adanya
pembiasaan karena kurang nya pembiasaan berbahasa atau Bi'ah Lughowiyyah.
Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penerapan debat
berbahasa arab di luar kelas dan untuk mengetahui efektivitas penerapan debat
berbahasa Arab dalam meningkatkan maharotul kalam untuk mahasiswa semester

dua Program Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Adapun skripsi ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitan eksperimen (Experimental Research). Populasi dalam Skripsi ini adalah
seluruh mahasiswa semester dua Program Pendidikan Bahasa Arab Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta, dan sampel yang diambil adalah kelas A dengan
jumlah 21 mahasiswa. Peneliti menggunakan teknik pemngumpulan data seperti

observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.

Hasil dari skripsi adalah sebagai berikut: (1) Pembiasaan berbahasa
dengan latihan debat berhasa Arab dapat membantu mahasiswa dapat
melancarkan berbicara bahasa Arab atau maharotul kalam. Hal ini dapat dilihat
dari antusias mereka dalam mengikuti kegiatan debat berbahasa Arab tersebut. (2)
terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara kelas eksperimen yang mendapat
perlakuan dengan kegiatan debat berbahasa Arab dan kelas kontrol yang tidak
mendapat. perlakuan kegiatan debat berbahasa Arab dengan kesimpulan

bahwasanya Ho ditolak dan Ha diterima. &

Kata Kunci" Dehat herhahaca Arah Mah anatui Kalam

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 25 Jun 2022 06:56
Last Modified: 25 Jun 2022 06:57
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32592

Actions (login required)

View Item
View Item