PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG PEMAKAIAN ANTIBIOTIK UNTUK ANAK USIA 3-5 TAHUN di KELURAHAN CONDONG CATUR

ARIENI RAMADHAN (2011) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG PEMAKAIAN ANTIBIOTIK UNTUK ANAK USIA 3-5 TAHUN di KELURAHAN CONDONG CATUR. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)

Abstract

Antibiotik pada dasarnya merupakan zat atau senyawa obat alami maupun sintetik yang digunakan untuk membunuh kuman penyakit (bakteri yang bersifat parasit) dalam tubuh manusia dengan berbagai mekanisme sehingga manusia dapat terbebas dari infeksi bakteri. Tingkat pengetahuan orang tua terhadap pemakaian antibiotik memiliki peranan yang penting terhadap keberhasilan pemberian antibiotik. Orang tua seharusnya memahami bagaimana pemberian antibiotik yang benar, tidak hanya dosisnya tetapi juga waktu pemberiannya serta hams memahami bahwa tidak semua penyakit dapat diberikan antibiotic. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan quasi eksperimental dengan rancangan dua group dengan kelompok kontrol. Subjek penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia 3-5 tahun sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel yakni dengan menggunakan total sampling.Subjek dibagi atas dua kelompok yakni kelompok kontrol 15 orang dan kelompok eksperimen 15 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah uji parametric wilcoxon signed rank test dan Maan-Whitney test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada kelompok eksperimen mean rank 19,90 lebih benar dibandingkan pada kelompok kontrol yaitu 11,10 yang menunjukkan lebih banyak yang mengalami peningkatan pengetahuan dibandingkan kelompok kontrol. Peningkatan pengetahuan pada kelompok eksperiment ditunjukan dengan nilai signifikansi P=0,015 (P<0,005) Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan tingkat pengetahuan orang tua tentang peggunaan antibiotik untuk anak pada kelompok eksperiment, hal ini ditunjukan dengan nilai P=0,015 (P<0,005). Terdapat peningkatan pengetahuan orang tua tentang penggunaan antibiotik untuk anak antara kelompok kontrol dan kelompok eksperiment, hal ini ditunjukan dengan nilai P=0,003 (P<0,005).
Kata Kunci : Antibiotik, Pengetahuan Orang Tua.
xii

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:35
Last Modified: 27 Jun 2022 02:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32618

Actions (login required)

View Item
View Item