ENDAH VIKA FITRIANINGSIH (2009) PERILAKU PERAWAT DALAM MELAKUKAN BERMAIN TERAPEUTIK PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI BANGSAL IBNU SINA RSU PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (184kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (523kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (653kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (466kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Bermain adalah aktivitas yang penting dalam stimulus tumbuh kembang anak.
Bermain penting juga dilakukan di rumah sakit. Bermain terapeutik bertujuan
untuk menurunkan dampak hospitalisasi, kecemasan dan stress serta melanjutkan
tumbuh kembang anak selama berada di rumah sakit. Dalam hal ini perawat dapat
menggunakan bermain terapeutik pada saat akan memberikan tindakan
keperawatan pada anak. Perawat harus memperhatikan usia, jenis kelamin dan
psikologi anak pada saat akan memberikan bermain terapeutik di rumah sakit.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku perawat dalam
melakukan bermain terapeutik pada anak usia prasekolah di bangsal Ibnu Sina
RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta.
Penelitian ini adalah termasuk non eksperimental dengan rancangan deskriptik
analitik observasional dengan pendekatan kuantitatif dan menganalisis data
menggunakan uji statistik deskriptif. Proses pengumpulan sampel menggunakan
teknik total sampling sebanyak 10 sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan perawat dalam memberikan
terapi bermain pada anak usia prasekolah yang mempunyai sikap baik sebanyak 7
perawat (7092) dan cukup baik 3 perawat (3096), pengetahuan perawat yang baik 1
perawat (106) dan cukup baik 9 perawat (906) dan psikomotor cukup baik 10
perawat (10090).
Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa perilaku perawat dari kategori
sikap yang baik lebih dominan sedangkan kategori pengetahuan dan psikomotor
dominan cukup. Saran yang ditujukan pada pihak rumah sakit agar lebih
memperhatikan dan meningkatkan kompetensi perawat dalam penerapan bermain
terapeutik pada anak dengan mengadakan program, seminar, diskusi dan
pelatihan-pelatihan yang khusus membahas tentang bermain terapeutik pada anak.
Kata kunci : Rermain Teraneutik Perilaku Perawat. Prasekolah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 03:18 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 03:18 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32626 |