FADHLI ROBBY AMSRIZA (2013) TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG BERSALIN TERHADAP MUTU PELAYANAN RS PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG. S2 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (195kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (565kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (167kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (800kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Latar Belakang: Data mengenai keluhan pasien merupakan data yang sangat sensitif
bagi rumah sakit untuk diketahui secara umum karena hal tersebut digunakan untuk
perbaikan ke dalam bagi pihak manajemen rumah sakit, sehingga akses untuk
mendapatkan data tersebut tidak mudah. Keluhan yang juga dirasakan di ruang
bersalin tersebut dapat memberi gambaran ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan
di ruang bersalin yang mungkin juga dirasakan oleh pasien lainnya. Keluhan tersebut
menjadi penting untuk dijadikan bahan evaluasi kepuasan pasien RS PKU
Muhammadiyah Gombong. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kepuasan pasien
yang diukur melalui kesenjangan antara harapan dan persepsi pasien terhadap mutu
pelayanan ruang bersalin di RS PKU Muhammadiyah Gombong.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan cross
sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang dirawat di ruang
bersalin RS PKU Muhammadiyah Gombong. Jumlah sampel 100 orang. Uji analisis
menggunakan data kuesioner Servgual dan uji beda rata-rata berpasangan ((-test/.
Hasil dan Pembahasan: Penilaian pasien terhadap kelima dimensi kinerja pelayanan
di ruang bersalin RS PKU Muhammadiyah Gombong menyatakan kinerja pelayanan
RS PKU Muhammadiyah Gombong sudah diatas nilai harapan pasien. Dimensi
kinerja pelayanan yang mempunyai kepuasan terbesar adalah dimensi jaminan. Faktor
penentu tingkat kepuasan pasien pelayanan di ruang bersalin RS PKU
Muhammadiyah Gombong diurutkan dari yang paling tinggi adalah jaminan, bukti
fisik, perhatian, ketanggapan dan kehandalan. Hasil pengujian menggunakan uji
paired t-test menunjukkan tidak semua pasangan terdapat kesenjangan yang
signifikan antara harapan dan persepsi.
Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor dimensi kinerja
pelayanan yang mempunyai kepuasan terbesar adalah dimensi jaminan. Faktor
penentu tingkat kepuasan pasien pelayanan di ruang bersalin RS PKU
Muhammadiyah Gombong diurutkan dari yang paling tinggi adalah jaminan, bukti
fisik, perhatian ketanggapan dan kehandalan.
Kata Kunci: Kennasan Pasien Mutu Pelavanan. Ruang Bersalin
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 06:40 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 06:40 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32642 |