TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG BERSALIN TERHADAP MUTU PELAYANAN RS PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG

FADHLI ROBBY AMSRIZA (2013) TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG BERSALIN TERHADAP MUTU PELAYANAN RS PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG. S2 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang: Data mengenai keluhan pasien merupakan data yang sangat sensitif
bagi rumah sakit untuk diketahui secara umum karena hal tersebut digunakan untuk
perbaikan ke dalam bagi pihak manajemen rumah sakit, sehingga akses untuk
mendapatkan data tersebut tidak mudah. Keluhan yang juga dirasakan di ruang
bersalin tersebut dapat memberi gambaran ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan
di ruang bersalin yang mungkin juga dirasakan oleh pasien lainnya. Keluhan tersebut
menjadi penting untuk dijadikan bahan evaluasi kepuasan pasien RS PKU
Muhammadiyah Gombong. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kepuasan pasien
yang diukur melalui kesenjangan antara harapan dan persepsi pasien terhadap mutu
pelayanan ruang bersalin di RS PKU Muhammadiyah Gombong.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan cross
sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang dirawat di ruang
bersalin RS PKU Muhammadiyah Gombong. Jumlah sampel 100 orang. Uji analisis
menggunakan data kuesioner Servgual dan uji beda rata-rata berpasangan ((-test/.
Hasil dan Pembahasan: Penilaian pasien terhadap kelima dimensi kinerja pelayanan
di ruang bersalin RS PKU Muhammadiyah Gombong menyatakan kinerja pelayanan
RS PKU Muhammadiyah Gombong sudah diatas nilai harapan pasien. Dimensi
kinerja pelayanan yang mempunyai kepuasan terbesar adalah dimensi jaminan. Faktor
penentu tingkat kepuasan pasien pelayanan di ruang bersalin RS PKU
Muhammadiyah Gombong diurutkan dari yang paling tinggi adalah jaminan, bukti
fisik, perhatian, ketanggapan dan kehandalan. Hasil pengujian menggunakan uji
paired t-test menunjukkan tidak semua pasangan terdapat kesenjangan yang
signifikan antara harapan dan persepsi.

Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor dimensi kinerja
pelayanan yang mempunyai kepuasan terbesar adalah dimensi jaminan. Faktor
penentu tingkat kepuasan pasien pelayanan di ruang bersalin RS PKU
Muhammadiyah Gombong diurutkan dari yang paling tinggi adalah jaminan, bukti
fisik, perhatian ketanggapan dan kehandalan.

Kata Kunci: Kennasan Pasien Mutu Pelavanan. Ruang Bersalin

Item Type: Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 27 Jun 2022 06:40
Last Modified: 27 Jun 2022 06:40
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32642

Actions (login required)

View Item
View Item