DINI APRILIA SARI (2014) PENGARUH.KOMPETENSI DAN KOMUNIKASI EFEKTIF TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI RAWAT INAP RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNIT II. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (192kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (307kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (349kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Latar Belakang : Era globalisasi saat ini memberikan dampak di setiap aspek terutama pelayanan kesehatan. Tumbuhnya competitor menuntut rumah sakit agar menciptakan kualitas pelayanan yang berkualitas dan bermutu. Penelitian terkini menyebutkan bahwa pelayanan keperawatan menjadi indikator terkuat setelah pelayanan staff dalam menciptakan pelayanan yang berkualitas. Keadaan seperti ini yang mewajibkan perawat hams memiliki kompetensi yang baik serta komunikasi efektif dalam memberikan pelayanan keperawatan kepada pasien. Penelitian lain menunjukkan bahwa komunikasi yang tidak efektif antara profesional tenaga kesehatan menjadi salah satu penyebab utama kesalahan medis dan membahayakan pasien. Hampir 70 % kejadian sentinel pada pasien terjadi karena ketidakakuratan informasi yang disebabkan oleh komunikasi yang buruk.
Metode : Jenis penelitian adalah non eksperimental dengan design cross sectional dan sample penelitian 47 responden perawat rawat inap RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II. Uji analisis menggunakan Partial Least Square (PLS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi perawat dan komunikasi efektif terhadap kualitas pelayanan.
Hasil dan Pembahasan : Hasil penelitian didapatkan bahwa Kompetensi berpengaruh terhadap Komunikasi efektif (t=139,746), komunikasi efektif tidak memiliki pengaruh terhadap Kualitas Pelayanan (t=0,7118), hard competency berpengaruh terhadap komunikasi efektif (t=11,431) dan kualitas pelayanan keperawatan (t=27,889) sedangkan soft competency berpengaruh terhadap komunikasi efektif (t=11,009) dan kualitas pelayanan (t=43,658).
Kesimpulan dan Saran : Kompetensi perawat berpengaruh terhadap komunikasi efektif dan komunkasi efektif tidak berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. Hard Competency dan soft competency berpengaruh terhadap komunikasi efektif dan kualitas pelayanan Manajemen rumah sakit hams mempertahankan kualitas perawatnya.
Kata Kunci : Kompetensi, Komunikasi Efektif, Kualitas Pelayanan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Manajemen S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 07:39 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 07:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32656 |