PENGARUH KERENGGANGAN CELAH ELEKTRODE BUSI NIKEL DENSO U20EPR TERHADAP KARAKTERISTIK PERCIKAN BUNGA API DAN PERFORMA MOTOR HONDA SUPRA X 125

HELMI MAULANA ALAMSYAH (2017) PENGARUH KERENGGANGAN CELAH ELEKTRODE BUSI NIKEL DENSO U20EPR TERHADAP KARAKTERISTIK PERCIKAN BUNGA API DAN PERFORMA MOTOR HONDA SUPRA X 125. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Setelah dilakukan penelitian ini dapat diketahui bahwa setiap jenis
kerenggangan celah elektrode busi memiliki pengaruh terhadap karakteristik
percikan bunga api, torsi, daya dan konsumsi bahan bakar yang berbeda-beda.
Busi dapat dibedakan dari dua sisi, sisi yang pertama dilihat dari tingkat panas
busi (panas, dingin) dan sisi kedua dilihat dari material elektroda busi (nikel,
platinum dan iridium). Untuk mengetahui pengaruh kerenggangan celah elektroda
busi terhadap karakteristik percikan bunga api dan kinerja motor Honda Supra X
125 perlu dilakukan penelitian yang akurat.

Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan motor Honda Supra X 125
dengan menggunakan 5 variasi jarak celah elektrode busi dan berbahan bakar
Pertalite oktan 90. Pengujian dilakukan dengan alat uji percikan bunga api busi,
dynotest, dan uji jalan. Parameter yang dicari adalah karakterisik percikan bunga
api busi, torsi, daya dan konsumsi bahan bakar.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa percikan bunga api yang
paling baik dihasilkan oleh busi Denso U20EPR dengan celah kerenggangan 0,5
mm. Nilai torsi rata-rata tertinggi dihasilkan oleh busi Denso U20EPR dengan
celah kerenggangan 0,5 mm yaitu sebesar 8,7 N.m. Nilai daya rata-rata tertinggi
dihasilkan oleh busi Denso U20EPR dengan celah kerenggangan 0,6 mm yaitu
sebesar 7,76 HP. Konsumsi bahan bakar paling efisien dihasilkan oleh busi Denso
U20EPR dengan celah elektrode 0,5 mm dimana dengan 1 liter premium mampu
menempuh jarak sejauh 57,1 Km.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:46
Last Modified: 29 Jun 2022 03:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32718

Actions (login required)

View Item
View Item