ANTARA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEAKTIFAN IBADAH SHOLAT SISWA KELAS VI SD BANGUNHARJO

JAZIMAH (2009) ANTARA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEAKTIFAN IBADAH SHOLAT SISWA KELAS VI SD BANGUNHARJO. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa dalam Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IV di SD Negeri Janten.
Penelitian dilakukan pada SD Negeri Jaten Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman dengan menggunakan PTK yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Jaten. Dalam penelitian ini menggunakan metode : a. Tes b. Obersvasi c. Dokumentasi
Dari hasil pembahasan maka dapat disimpulkan : 1. Usaha guru dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa dalam Pendidikan Agama Islam dengan cara memberikan reinforcement yang berupa sanjungan, reward, hukuman, hadiah dan menyiapkan materi dengan baik. 2. Faktor pendukung guru dalam meningkatkan motivasi berprestasi dalam pendidikan Agama Islam adalah tempat tinggal siswa yang dekat dengan sekolah, adanya minat siswa untuk mempelajari materi pendidikan agama Islam dengan adanya TPA, pesantren kilat dan sarana dan prasarana yang cukup memadai. 3. Faktor penghambat guru dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa dalam pendidikan agama Islam : kemampuan siswa yang berbeda dikarenakan latar belakang yang berbeda-beda, pengaruh lingkungan, kurikulum yang belum mengarah, waktu dan materi yang kurang sesuai. Pendidikan Agama Islam dianggap tidak penting karena tidak menjamin mendapatkan sekolah favorit, pekerjaan karena kuatnya pengaruh sosial di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2022 03:12
Last Modified: 01 Jul 2022 03:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32804

Actions (login required)

View Item
View Item