MUHAMMAD ZAKY AFFANDI (2016) STRATEGI IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEBERSIHAN LINGKUNGAN HIDUP DI PONDOK PESANTREN HAMALATUL QURAN TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (223kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (247kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (500kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (661kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan (2)
untuk mengetahui upaya implementasi (3) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan
penghambat dalam implementasi nilai-nilai kebersihan lingkungan hidup di Pondok
Pesantren Hamalatul Ouran Tamantirto Kasihan Bantul.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam
penelitian ini adalah Guru, Pembimbing dan Santri Pondok Pondok Pesantren Hamalatul
Ouran yang memegang peran penting berkaitan dengan kebersihan. Metode pengumpulan
data, diantaranya : (1) Wawancara (2) Observasi (3) Dokumentasiyaitu: Tabulasi dan
Klasifikasi data, Reduksi data, Interpretasi data dan Kesimpulan data. Data dianalisis
menggunakan pendapat Miles & Hibermen yang meliputi reduksi, penyajian, triangulasi
dan kesimpulan sementara.
Hasilnya menunjukkan Pondok pesantren Hamalatul Guran (1) menerapkan
beberapa strategi diantaranya adalah pembelajaran klasikal pengajian umum, pengarahan
dan evaluasi dari organisasi siswa, sosialisasi tentang kebersihan dan kegiatan santri. (2)
Adapun implementasi yang digunakan seperti piket kamar, kelas, lingkungan hidup dan
kerja bakti pada hari jumat belum mencerminkan adanya keberhasilan yang dapat dilihat
secara kasat mata dari upaya implementasi yang telah dilaksanakan. (3) Faktor pendukung
meliputi : Staff pengajar, pembimbing organisasi, bagian kebersihan dan sarana prasarana.
Adapun faktor penghambat meliputi : Sampah daun, intensitas curah hujan yang tinggi,
keterbatasan tempat tinggal pembimbing serta krisis suri tauladan dari para pembimbing
santri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 02 Jul 2022 02:34 |
Last Modified: | 02 Jul 2022 02:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32836 |