EVALUASI ASPEK PSIKOMOTORIK MATA PELAJARAN IBADAH DI SMA MUHAMMADIYAH PONJONG, GUNUNGKIDUL

MUHAMMAD FAJAR HAJIYANTO (2009) EVALUASI ASPEK PSIKOMOTORIK MATA PELAJARAN IBADAH DI SMA MUHAMMADIYAH PONJONG, GUNUNGKIDUL. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)

Abstract

M. Fajar Hajiyanto. Evaluasi Aspek ysikomotorik Mata Pelajaran lbadah di SMA Muhammadiyah Ponjong, Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam UMY, 2009 Evaluasi penting dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai, juga sebagai bahan pertimbangan untuk mengarahkan, membimbing dan memotifasi siswa sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran khususnya e‘ aluasi aspek psikomotorik pada maw pelajaran lbadah di SMA Muhammadiyah Ponjong. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan masukan bagi Kara guru claim melaksanakan evaluasi khususnya yang berkaitan dengan dengan aspek psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitan kwalitatif, dengan mengambil tempat di SMA Muhammadiyah Ponjong gunungkid"m. Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dipilih melalui key informan yaitu responden yang dianggap mengetahui aspek-aspek penelitian ini. Yang menjadi infonnasi kunci dalam penelitian ini adalah guru-guru PAI khususnya Guru lbadah, sedang untuk informan pendukungnya adalah kepala sekolah dan siswa SMA Muhammadiyah Ponjong yang dipilili menggunakan teknik purposive sampling. Analisa data dilakukan dengan proses berfikir induksi. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (11. Evaluasi dalam pembelajaran lbadah sangat penting dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran lbadah ini dapat mencapai tujuannya. Tujuan evaluasi aspek psikomtorik di SMA Muhammadiayah Ponjong adalah untuk mengetahui apakah tujuan pembelajaran aspek psikomotorik telah dapat tercapai dan apakah siswa telah mengamalkan ajaran Islam sesuai dengan syari'at sebagai aplikasi pemahaman terhadap pelajaran lbadah yang telah mereka dap,,tkan sekolah. Teknik evaluasi yang dilakukan adalah dengan teknik tes maupun teknik non tes. Adapun instrument yang digunakan disesuaikan dengan teknik yang dipakai dalam evaluasi sepeni lembar penilaian, check list, lembar presensi kegiatan siswa, dan buku laporan kegiatan siswa. (2) Faktor pendukung dalam kegiatan evaluasi aspek ini adalah adanya kesadaran dari siswa witukmengamalkan ajaran Islam serta adanya kerjasama yang baik antar berbagai pihak terkait. Adapun factor peng.hambatnya adalah sulitnya untuk melakukan pemantauan terhadap kegiatan siswa vang belum optimal dalam melaksanakan ajaran Agama Islam, serta keterbatasan waktu untuk kegiatan belajar mengajar lbadah di sekolah. Hal ini berakibat guru kurang dapat mengevaluasi secara obyektif terhadap ketnampuan.
vii

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 02 Jul 2022 02:43
Last Modified: 02 Jul 2022 02:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32840

Actions (login required)

View Item
View Item