NUNU ANAHDI (2017) PENGARUH VARIASI TIMING INJECTION DAN TIMING PENGAPIAN DENGAN MENGGUNAKAN ECU BRT JUKEN 3 TERHADAP KINERJA MOTOR 4 LANGKAH 119 CC BAHAN BAKAR PERTALITE. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (218kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (271kB)
BAB I.pdf
Download (680kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (339kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (201kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Dengan perkembangannya ilmu teknologi membuat manusia untuk
menciptakan hal baru dalam teknologi seperti ECU ( Electronic Control Unit)
racing yang dimana sangat bermanfaat bagi pengguna atau juga digunakan untuk
balapan motor karena mampu meningkatkan performa pada mesin sepeda motor.
Pada motor injeksi ialah ECU secara umum berfungsi untuk melakukan optimasi
kerjanya mesin kendaraan. ECU ini memiliki beberapa fungsi yaitu : Injector
Timing (IT), Ignition Timing (IGT) dan mengontrol pasokan bahan bakar, oleh
karena itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh variasi ECU terhadap kinerja motor bensin 4 langkah.
Pengujian daya dilakukan untuk mengetahui perbandingan daya kerja
mesin 4 langkah 110cc dengan variasi ECU Standar, ECU BRT (Standar), ECU
BRT (Performa), ECU BRT (Efesiensi) dan Remote Programmer (-MAX)
berfungsi untuk merubah IT, IGT pada ECU BRT Menggunakan putaran mesin
4000 s.d. 9000 rpm dengan mesin standar Beat FI.
Hasil pengujian kinerja mesin untuk kondisi standar, pada kondisi standar
menggunakan ECU Standar daya diperoleh 8,3 HP pada putaran mesin 5083 rpm
dan torsi diperoleh 12,35 Nm pada putaran mesin 4421 rpm dan untuk konsumsi
bahan bakar diperoleh 51.02 km/liter, untuk Performa dihasilkan dengan daya
sebesar 8,7 HP pada putaran mesin 4756 rpm dengan torsi sebesar 13,51 Nm pada
putaran mesin 4508 rpm, pada settingan Efisiensi mendapatkan daya 84 HP
namun suara mesin terasa sangat kering cenderung agak kasar dan ketika setelah
diuji mesin terasa sangat panas dan fan radiator langsung menyala. Dari
pengujian kinerja mesin daya terbesar diperoleh dengan menggunakan ECU BRT
(Performa) dengan daya sebesar 8,7 HP pada putaran mesin 4756 rpm. Torsi yang
terbesar diperoleh juga oleh ECU BRT (Performa) sebesar 13,51 Nm. untuk
pemakaian lebih baik menggunakan settingan performa karena suara mesin lebih
bersih dan lampu fan radiator tidak menyala, hanya saja pemasukan bahan
bakarnya lebih banyak karena pemasukan bahan bakar di tambah 544.
Kata kunci : ECU BRT, Remot Juken3. STD. Performa. Efesiensi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 02 Jul 2022 04:08 |
Last Modified: | 02 Jul 2022 04:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32862 |