PENERAPAN ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AOIDAH DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

MUTAMIMAH (2009) PENERAPAN ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AOIDAH DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan Active Learning dalam pembelajaran aqidah. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dijadikan pertimbangan dalam mendorong dan meningkatkan proses pembelajaran yang lebih berm utu
Penelitian dilakukan pada SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan mengambil sampel 25 % dari 252 siswa kelas XI yaitu 63 siswa. Data dikumpulkan dengan wawancara dan angket untuk mengetahui tentang inovasi pembelajaran aqidah dengan Active Learning. Instrumen yang digunakan dibuat dalam bentuk quesioner. Data yang didapat di analisis menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hashl analisis mengungkapkan bahwa inovasi pembelajaran aqidah di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta sudah terlaksana dengan baik walaupun belum semua dalam menyampaikan materi menggunakan metode yang terdapat dalam Active Learning. Terdapat beberapa hal yang menjadi penghambat dalam penerapannya yaitu guru yang belum menguasai sepenuhnya metode yang terdapat dalam Active Learning, siswa yang kurang respon terhadap mata pelajaran aqidah, siswa lebih suka mengobrol dengan teman sebangkunganya, dan sarana prasarana yang kurang memadai.
xii

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:19
Last Modified: 04 Jul 2022 03:19
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32888

Actions (login required)

View Item
View Item