Bagus Ariska Tenggo (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA KAMPUNG DURIAN NGEBEL PONOROGO UNTUK MENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (321kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (996kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
Bab I.pdf
Download (92kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (78kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (222kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (852kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (339kB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (84kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (156kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (911kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (376kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan desa wisata Kampung Durian Ngebel di Kabupaten Ponorogo untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Subjek dalam penelitian ini adalah pengelola wisata, kelompok tani, stakeholder dan Dinas Pariwisata Kabupaten Ponorogo. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, FGD (Focus Grub Discussion) dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFE (Internal Factor Evalution) dan EFE (External Factor Evalution) pada tahap input, matriks IE (Internal External) dan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk mendukung tahap penentuan strategi alternatif pengembangan Kampung Durian Ngebel di Kabupaten Ponorogo sesuai dengan kondisi perusahaan.
Berdasarkan hasil penelitian oleh matriksIFE, kekuatan utama adalah rasa buah durian yang khas dengan kualitas produk yang baik. Sedangkan kelemahan utama adalah suplai produk buah durian yang kurang karena produk bersifat musiman. Berdasarkan hasil analisis EFE, peluang utama adalah loyalitas konsumen tinggi. Sedangkan ancaman utama adalah kondisi cuaca yang tidak menentu. Berdasarkan analisis SWOT, strategi yang dapat dilakukan oleh Kampung Durian adalah mempertahankan kualitas produk dengan potensi alam yang ada, menghadirkan wisata edukatif berbasis Agrowisata, meningkatkan promosi atau pemasaran yang lebih efektif dan intensif, meningkatkan pelayanan berupa menambahkan fasilitas baru, meningkatkan SDM petani dengan melakukan studi banding ke wisata durian lainnya, dan dukungan Pemerintah untuk mengatasi perairan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 03:41 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 03:41 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3290 |