NUR INTAN INDRIYATI OKTAVIANA (2017) PENGARUH EDUKASI SOSIODRAMA TENTANG PHBS CUCI TANGAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP CUCI TANGAN SISWA SD MUHAMMADIYAH KALANGAN. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (193kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (465kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (324kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Mencuci tangan merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan penyakit melalui tangan dengan cara membersihkan tangan dan jemari dengan menggunakan air mengalir dan sabun hingga bersih. Mencuci tangan sangat penting karena tangan merupakan agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dan satu orang ke orang lain, namun tingkat kesadaran masyarakat untuk mencuci tangan menggunakan sabun masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan data dan inforrnasi dari Kementrian Kesehatan RI tahun 2014 yang menjelaskan bahwa sebanyak 56,6 % masyarakat Indonesia tidak memahami pentingnya cuci tangan dan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 51%.
Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh edukasi sosiodrama tentang PHBS cuci tangan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap cuci tangan siswa SD Muhammadiyah Kalangan_
Metodologi : Penelitian menggunakan metode penelitian Pra Eksperimental dengan rancangan One group pre post test design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling sebanyak 42 orang. Data diuji menggunakan uji non parametrik dengan uji wilcoxon.
Hasil : Hasil analisis menunjuk.kan ada pengaruh edukasi sosiodrama tentang phbs cuci tangan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap cuci tangan siswa. Hasil uji statistik diperoleh nilai signifikansi 0,000 untuk tingkat pengetahuan cuci tangan siswa dan 0,000 untuk sikap cuci tangan siswa.
Kesimpulan Terdapat pengaruh edukasi sosiodrama tentang PUBS Cuci Tangan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap Cuci Tangan siswa kelas IV dan V SD Muhammadiyah Kalangan
Kato Kunci : PHBS, Cuci Tangan, Pengetahuan, Sikap, Sosiodrama
X
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 06:45 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 06:45 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32914 |