NILAI-NILAI HUMANISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Solusi Perlawanan Terhadap Liberalisasi Pendidikan)

PERLI SYAHBANI (2009) NILAI-NILAI HUMANISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Solusi Perlawanan Terhadap Liberalisasi Pendidikan). S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)

Abstract

Manusia adalah sebagai makhluk sosial, yang dibekali Tuhan dengan akal, di mana akal akan menjadikan manusia mengetahui segala sesuatu. Manusia sering terfokus kepada persoalan besar, namun sering kali terlena pada permasalahan yang sepele. Pendidikan merupakan proses yang dilakukan oleh sebagian masyarakat di belahan dunia manapun. Namun pendidikan yang diharapkan sebagai bagian dari proses Humanisasi yang dapat mengentaskan manusia dari penindasan dan kesengsaraan ternyata menjadi bagian yang menindas manusia itu sendiri. Oleh karena itu bagaimana sekarang mengkonsep kebijakan tentang pendidikan serta memposisikan proses pembelajaran sebagai hal yang suci dan sesuai dengan harapan masyarakat, yaitu sebuah proses pembelajaran yang tidak menindas dan tidak ada yang tertindas. Liberalisasi pendidikan yang digalakkan pemerintah yang salah satu caranya melalui penerapan undang-undang tetantang badan hukum pendidikan (UU BHP) justru semakin memperkeruh kondisi pendidikan Indonesia yang memang sudah keruh, Dengan dalih peningkatan mutu pendidikan, pemerintah mempersilahkan bahkan menuntut lembaga pendidikan untuk mencukupi sendiri masalah pendanaan sehingga membuat lembaga pendidikan melakukan segala cam untuk menutupi biaya operasionalnya diantaranya membebankan biaya yang tinggi kepada peserta didik yang diluar jangkauan mayoritas masyarakat hingga mencari investor yang sanggup membiayai operasional dan tentunya dengan perjanjian kerjasama yang menguntungkan sang investor. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode analisis terhadap pendapat para tokoh tentang humanisme dan pendidikan humanis lalu mendeskripsikannya untuk membawa penulis pada kesimpulan-kesimpulan akhir sebagai kajian. Penelitian ini bertujuan untuk menggali nilai-nilai humanisme dalam Islam dan kemudian merumuskan sebuah konsep pendidikan yang humanis yang berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan dalam Al-Qur'an sebagai sebuah solusi perlawanan terhadap liberalisasi pendidikan. Pendidikan humanis yang dimaksud dalam penelitian ini adalah sistem dan proses pendidikan yang menghargai harkat dan martabat manusia sesuai dengan ketentuan yang telah digariskan oleh Allah SWT.
Dalam pandangan Islam, humanisme harus difahami sebagai suatu konsep dasar kemanusiaan yang tidak berdiri dalam posisi bebas. Ini mengandung pengertian bahwa makna " memanusiakan manusia" harus selalu dipahami secara teologis. Dalam konteks ini Al-Qur'an memandang manusia sebagai "khalifah' atau wakil Allah dibumi. Untuk memfungsikan kekhalifahannya, Tuhan telah melengkapi manusia dimensi intelektual dan spiritual, sehingga manusia memiliki kapasitas kemampuan dan pengetahuan untuk memilih.
Kahl Kunci: Pendidikan Humanis, Nilai-nilai humanisme dalam Islam. Liberalisasi Pendidikan.
xii

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2022 08:28
Last Modified: 04 Jul 2022 08:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32938

Actions (login required)

View Item
View Item