SITI RAHMAHWATI (2013) HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN MENGIKUTI TAMAN PENDIDIKAN AL-OUR'AN (TPA) DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS 5 DAN 6 DI SD NEGERI BANJARHARJO, TANJUNGSARI, GUNUNGKIDUL. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (351kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (242kB)
BAB I.pdf
Download (5MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (486kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (331kB)
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah bahwa idealitanya anak yang aktif menambah pengetahuan agama dengan mengikuti kegiatan keagamaan diluar jam sekolah memiliki prestasi Pendidikan Agama Islam di sekolah. Namun kenyataanya masih ada anak yang belum aktif bahkan tidak pernah mengikuti kegiatan TPA. Permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana keaktifan mengikuti TPA kelas 5 dan 6 di SD N Banjarharjo, Tanjungsari, Gunungkidul?; 2) Bagaimana prestasi belajar PAI kelas 5 dan 6 di SD N Banjarharjo, Tanjungsari, Gunungkidul?; 3) Apakah ada Hubungan Antara Keaktifan Mengikuti Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas 5 dan 6 di SD Negeri Banjarharjo, Tanjungsari, Gunungkidul? Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 5 dan 6 SD Negeri Banjarharjo, Tanjungsari, Gunungkidul yang berjumlah 23 siswa, jadi penelitian ini termasuk penelitian populasi. Penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Keaktifan siswa kelas 5 dan 6 dalam mengikuti kegiatan TPA berada pada kategori cukup tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 60,39. 2) Prestasi Pendidikan Agama Islam siswa kelas 5 dan 6 di SD Negeri Banjarharjo berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 80,13. 3) Ada hubungan positif yang signifikan antara keaktifan mengikuti Taman Pendidikan Al-Qur'an dan prestasi pendidikan agama Islam siswa kelas 5 dan 6 di SD Negeri Banjarharjo sebab rxy > rt (0,680 > 0,526).
Key-words: Keaktifan; Taman Pendidikan Al-Qur'an; Prestasi belajar; Pendidikan Agama Islam
xv
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 03:45 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 02:53 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33008 |