SPIRITUALISASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: EVALUASI TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM ISMUBA DI SMP MUHAMMADIYAH HAURGEULIS

WAWAN GUNAWAN (2007) SPIRITUALISASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: EVALUASI TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM ISMUBA DI SMP MUHAMMADIYAH HAURGEULIS. S2 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik kurikulum
pendidikan Agama Islam, bagaimana penerapan nilai-nilai spiritual pada isi atau

Agama Islam di sekolah Muhammadiyah (kurikulum Ismuba) dalam perspektif
Spiritualisasi kurikulum pendidikan Agama Islam. Melalui penelitian ini diharapkan
dapat menemukan sekaligus mendeskripsikan data seccra menyeluruh dan utuh
mengenai penerapan spiritualisasi dalam kurikulum pendidikan Agama Islam pada
sekolah Muhammadiyah dengan kurikulum Ismuba. Penelitian ini menggunakan
pendekatan fenomenologis. Karena yang diteliti adalah penerapan spritualisasi
kurikulum pendidikan Islam kurikulum Ismuba di SMP Muhammadiyah Haurgeulis.
Dan berdasarkan fungsinya, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif interaktif,
karena yang menjadi bidang penelitian adalah pelaksanaan kegiatan dan program
kurikulum pada sekolah yang diteliti.

Data Kepusatakaan yang penulis jadikan acuan Primer adalah Nalar Spiritual
Pendidikan Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam karya Dr. Abdul Munir

haruslah berorientasi untuk membentuk manusia seutuhnya yang memiliki
Spiritualitas yang kuat. Sedangkan inti dari materi kurikulum pendidikan Agama
Islam itu sendiri adalah bahan, aktivitas dan pengalaman yang mengandung unsure
ketauhidan (agidah)

Item Type: Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2022 06:03
Last Modified: 06 Jul 2022 06:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33017

Actions (login required)

View Item
View Item