YAHYA AMIRL MUKHLISIN (2018) SOCIAL MEDIA BRANDING PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERTAMINA BIDANG LINGKUNGAN MELALUI AKUN MEDIA SOSIAL ENERGI HAYATI (PERIODE TAHUN 2016-2017). S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (197kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (498kB)
BAB I.pdf
Download (5MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (683kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (386kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai social media branding program
corporate social responsibility (CSR) Pertamina bidang lingkungan melalui akun
media sosial Energi Hayati yang dilakukan oleh agensi digital Rwe Bhinda. Tujuan
dari penelitian ini acaiah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang
digunakan oleh Rwe: Bhinda dalam mengelola akun media sosial Energi Hayati
untuk membangun social media branding program corporate social responsibilit
(CSR) Pertamina bidang lingkungan.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara
wawancara dan mengumpulkan dokumen. Subjek dalam penelitian ini adalah tim
strategic Rwe Bhinda yang mengelola akun Energi kayati. Penulis menggunakan
teknik triangulasi sumber data untuk menguji validitas data yang diperoleh.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa socral media branding akun Energi
Hayati bertujuan untuk membangun brand awareness, brand engagement, dan
brand loyalty terhadap program corporate social responsibility (CSR) Pertamina
bidang lingkungan. Kemudian strategi komunikasi yang dilakukan Rwe Bhinda
dalam mengelola aku Energi Hayati dibagi menjadi beberapa tahap yaitu,
menentukan tujuan komunikasi, melakukan segmentasi khalayak, memilih media,
menyusun dan raenetapkan metode penyampaian pesan, melakukan pembelian
iklan, mengadakan aktivasi digital, menggunakan buzzer atau influencer, membalas
komentar audience (peranan komunikator), serta melakukan evaluasi dan
monitoring.
Kata kunci: social media branding, corporate social responsibility, CSR, strategi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 07:48 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 07:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33033 |