Rifka Maulida (2021) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO DAN SDIT JABAL NUR YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (892kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Bab I.pdf
Download (93kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (209kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (175kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (36kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (661kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (335kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kreativitas guru merupakan upaya memotivasi siswa agar mau belajar sehingga bakat dan minat siswa teraktualisasi dalam bentuk kegiatan belajar. Pada masa COVID-19, guru memanfaatkan media dalam pembelajaran daring sebagai solusi pembelajaran. Namun kenyataannya pembelajaran daring kurang efektif dan sulit diterapkan pada mata pelajaran PAI, karena guru tidak dapat melihat secara langsung perkembangan siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana kreativitas guru PAI dalam menerapkan media pembelajaran daring dan menganalisis apakah ada perbedaan kreativitas guru PAI dalam pembelajaran daring di SD Muhammadiyah dan SDIT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 228 siswa dengan jumlah sampel 70 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, kuisioner, dan juga dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk kreativitas guru PAI dalam pembelajaran daring ditunjukan melalui penggunaan media pembelajaran yang meliputi WhatsApp, Youtube, Video Zoom dan google form. Ditinjau dari uji independent sample t-test diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) di SD Muahmmadiyah sebesar 0,263 > 0,05 dan nilai sig. (2-tailed) di SDIT sebesar 0,264 > 0,05. Maka dapat diartikan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kreativitas guru PAI dalam pembelajaran daring di SD Muhammadiyah dan SDIT.
Kata Kunci: Kreativitas Guru, Pembelajaran Daring
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 07:26 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 04:30 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3304 |