PERBANDINGAN KEMAMPUAN KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO DAN SDIT JABAL NUR YOGYAKARTA

Rifka Maulida (2021) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO DAN SDIT JABAL NUR YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (892kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kreativitas guru merupakan upaya memotivasi siswa agar mau belajar sehingga bakat dan minat siswa teraktualisasi dalam bentuk kegiatan belajar. Pada masa COVID-19, guru memanfaatkan media dalam pembelajaran daring sebagai solusi pembelajaran. Namun kenyataannya pembelajaran daring kurang efektif dan sulit diterapkan pada mata pelajaran PAI, karena guru tidak dapat melihat secara langsung perkembangan siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana kreativitas guru PAI dalam menerapkan media pembelajaran daring dan menganalisis apakah ada perbedaan kreativitas guru PAI dalam pembelajaran daring di SD Muhammadiyah dan SDIT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 228 siswa dengan jumlah sampel 70 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, kuisioner, dan juga dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk kreativitas guru PAI dalam pembelajaran daring ditunjukan melalui penggunaan media pembelajaran yang meliputi WhatsApp, Youtube, Video Zoom dan google form. Ditinjau dari uji independent sample t-test diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) di SD Muahmmadiyah sebesar 0,263 > 0,05 dan nilai sig. (2-tailed) di SDIT sebesar 0,264 > 0,05. Maka dapat diartikan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kreativitas guru PAI dalam pembelajaran daring di SD Muhammadiyah dan SDIT.
Kata Kunci: Kreativitas Guru, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2021 07:26
Last Modified: 03 Sep 2024 04:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3304

Actions (login required)

View Item
View Item