TANGGUNG JAWAB KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DI SMP MA'ARIF KALIBAWANG KULON PROGO

SUMIYONO,BA (2007) TANGGUNG JAWAB KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DI SMP MA'ARIF KALIBAWANG KULON PROGO. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan sejauhmana tanggungjawah kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan. Penelitian ini dilakukan di SMP Ma'arif Kalibawang Kulon Progo. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, angket, observasi dan studi dokumenter. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis driskriptif kual itatif Hasil analisis diskriptif mengungkapkan bahwa pelaksanaan supervisi pendidikan sebagai salah satu fungsi kepala sekolah di SMP Ma'arif Kalibawang Kulon Progo sudah berjalan dengan hail.. Adapun kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Tanggungjawab kepala SMP Ma'arif Kalibawang sebagai supervisor pendidikan sudah termasuk cukup. Dengan demikian dalam hal ini kepala sekolah sudah amanah. I lal ini didasarkan pada telah diprogramkannya supervisi kunjungan kelas vakni minimal satu kali untuk tiap guru mata pelajaran tiap bulannya, juga dari program supervisi telah direncanakan sebanyak 19 kali, clan telah dilaksanakan sebanyak 15 kali, dengan teknik supervisi mel ihatkan guru senior. Hanya sayangnya belum teradministrasikan dengan baik dan belum ada tindaklanjut dari hasil supervisi tersebut. 2. Tidak ditemukannya faktor penghambat yang berarti terhadap tanggungjawab kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan. Karena hanya ada sebagian kecil guru saja yang tidak siap untuk disupetvis;., baik materi maupun administrasinya. 3. Adapun strategi untuk mewujudkan tanggungjawah kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan yaitu melalui pendekatan terhadap guru yang perlu bimbingan, dan penyelesaian masalah dengan cara 'demokratis. Dengan melihat hasil penelitian di atas, maka jelaslah bahwa tanggungjawab kepala sekolah SMP Ma'arif Kalibawang Kulon Progo ini sudah termasuk cukup. Oleh karena itu sinyalir lemahnya supervisi kepala sekolah terhadap gurunya terbukti di SMP Ma'arif Kalibawang Kulon Progo ini.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2022 02:44
Last Modified: 07 Jul 2022 02:44
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33041

Actions (login required)

View Item
View Item