STRATEGI LPP RRI PROGRAMA 2 YOGYAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA SEBAGAI PROGRAM KREATIVITAS ANAK MUDA (BERDASARKAN TEORI NICHE)

AGUNG HIDAYAT (2018) STRATEGI LPP RRI PROGRAMA 2 YOGYAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA SEBAGAI PROGRAM KREATIVITAS ANAK MUDA (BERDASARKAN TEORI NICHE). S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan radio di Indonesia setelah merdeka diawali dengan lahirnya Radio
republik Indonesia (RRI) pada tanggal 11 September 1945. Tingkat persaingan stasiun
radio di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini cukup tinggi dalam merebut perhatian
pendengar. Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Programa 2 (Pro) Yogyakarta telah
beroperasi dalam memberikan informasi, hiburan, pendidikan, dan perekat sosial
masyarakat DIY dalam program kreativitas anak muda. Agar dapat mempertahankan
eksistensinya sebagai lembaga penyiaran publik, radio harus memiliki strategi kreatif atau
terobosan-terbosan baru dalam mengelola dan menarik minat masyarakat terutama di
kalangan muda. Adapun penelitian ini menggunakan metode analisis diskriptif di mana
peneliti berusaha mengetahui dan menggambarkan strategi LPP RRI Pro 2 Yogyakarta
dalam mempertahankan eksistensinya sebegai program kreativitas anak muda. Temuan
penelitian menunjukkan bahwa melihat dari perkembangan radio pada saat ini, RRI Pro 2
Yogyakarta masih dikatakan eksis jika dilihat dari ekologi media. Selain itu, LPP RRI Pro
2 Yogyakarta menggunakan empat strategi. Pertama, strategi mengoptimalkan kekuatan
untuk mempertahankan eksistensi yakni dengan memberikan siaran secara independen.
Kedua, strategi meminimalkan kelemahan untuk mempertahankan eksistensi yakni
dengan melengkapi audio dan video streaming berupa website, facebook, instagram dan
aplikasi berasis android berupa RRI Play. Ketiga, strategi memanfaatkan peluang untuk
mempertahankan eksistensi yakni segmentasi siaran dengan membidik kelompok-
kelompok masyarakat yang tidak terjangkau oleh hiburan-hiburan di pelosok—pelosok
daerah. Keempat, strategi menghadapi ancaman untuk mempertahankan eksistensi yakni
memperbaiki kualitas program, penyiar, serta audio yang ada di studio maupun di luar
studio. Beberapa hal yang menunjang eksistensi tersebut membuktikan bahwa LPP RRI
Pro 2 Yogyakarta dapat bertahan dan terus mengembangkan usaha untuk tetap mengudara
di Daerah Istimewa Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 12 Jul 2022 02:06
Last Modified: 12 Jul 2022 02:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33062

Actions (login required)

View Item
View Item