TRI ENDAH KARYA LESTIYANI (2014) ANALISIS KINERJA BADAN LAYANAN UMUM DI PERGURUAN TINGGI. S2 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (2MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (696kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (642kB)
Abstract
Undang-Undang No. 1 tahun 2004 tentang perbendaharaan negara
membuka koridor bare bagi penerapan anggaran berbasis kinerja di lingkungan
pemerintah. Dengan pasal 68 dan pasal 69 dari undang-undang tersebut, instansi
pemerintah yang tugas pokok dan fungsinya memberi pelayanan kepada
masyarakat dapat menerapkan pola pengelolaan keuangan yang fleksibel dengan
menonjolkan produktifitas, efisiensi dan efektifitas dalam bentuk badan layanan
umum (BLU). BLU diharapkan menjadi contoh konkrit yang menonjol dari
penerapan manajemen keuangan berbasis pada hasil (kinerja). IAIN Sulthan
Thaha Saifuddin telah menjadi BLU sejak Dalam penyelenggaraan BLU tersebut,
IAIN Sulthan Thaha Saifuddin mengalami perubahan dalam sistem keuangan,
struktur organisasi, dan pencapaian kinerja organisasi.
Penelitian ini berusaha untuk mengetahui tentang evaluasi BLU pada IAIN
STS dengan menggunakan Balance Score Card. Penerapan Balance Score Card
ini mendasarkan diri pada 4 (empat) Perspektif yaitu Perspektif Keuangan,
Perspektif Pelanggan, Perspektif Bisnis Internal dan Perspektif Pembelajaran dan
Pertumbuhan.
Dalam tesis ini, evaluasi terhadap BLU ditujukan untuk mengetahui
upaya peningkatan kualitas pelayanan publik, serta transparansi dan akuntabilitas
pengelolaan keuangan negara di IAIN Sulthan Thaha Saifuddin. Pendekatan
penelitian adalah dengan deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan
lebih pada metode kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan
membagikan kuesioner kepada responden yang dipilih berdasarkan kelompok
Badan Layanan Umum. Dari hasil penelitian bahwa pelaksanaan BLU di IAIN
Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sudah baik perlu di tingkatkan terutama
pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Standar Pelayanan
Minimal (SPM) agar diharapkan menjadi contoh konkrit yang menonjol dari penerapan
manajemen keuangan berbasis pada hasil (kinerja).
Kata Kunci : Penilaian Kinerja, Balanced Scorecard
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Pemerintahan S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 02:13 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 02:13 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33066 |