YUNI TERA (2017) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKEHLAK DI MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (379kB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (257kB)
BAB I.pdf
Download (275kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (461kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (453kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (199kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (282kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (979kB)
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar kepada siswa dalam mata pelajaran akhlak dengan melalui penerapan media audio visual, yaitu berupa video. Lokasi penelitian berada di MTs Muhammadiyah Kasihan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif, serta penelitian ini bersifat deskriptif dan naturalistik. Motivasi belajar terhadap mata pelajaran Akhlak dengan menggunakan media audio visual sangat tinggi, hal itu dikarenakan bahwa antusias mereka dalam menyaksikan video sangat tinggi. Penggunaan media audio visual ini sangat efektif dan efisien untuk mata pelajaran akhlak, karena mata pelajaran akhlak merupakan materi yang berisikan tentang kehidupan sehari-hari, jadi dengan secara maksimal mereka bisa mendengarkan dan melihat langsung materi yang diberikan melalui penggunaan media audio visual. Berdasarkan hasil penelitian dengan keseluruhan mengalami peningkatan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Akhlak dengan penerapan media audio visual. Peningkatan ini diukur dan hasil observasi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akhlak dengan penerapan media audio visual, pada pra siklus observasi kegiatan belajar 57,14% sedangkan observasi kegiatan siswa dalam KBM 81,25%. Pada siklus I pertemuan pertama observasi kegiatan belajar yaitu 80,95% dan observasi siswa dalam KBM Akhlak 89,58% dan meningkat pada pertemuan kedua observasi kegiatan belajar yaitu 85,71% sedangkan observasi kegiatan siswa dalam KBM 93,75%. Pada siklus II pertemuan pertama observasi kegiatan pembelajaran Akhlak dengan menggunakan media audio visual yaitu 90,47% dan observasi kegiatan siswa dalam KBM 95,83% dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua observasi kegiatan pembelajaran yaitu 95,23% sedangkan observasi kegiatan siswa dalam KBM Akhlak 97.91%. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Akhlak melalui penerapan media audio visual yang dilihat dan hasil observasi motivasi belajar siswa.
Key-Word: Motivasi Belajar, Akhlak, Audio Visual
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 03:34 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 03:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33079 |