PENGARUH DAYA ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BUAH MERAH (Pandanus conoideus Lam.) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN Srreptococcus viridans (kajian In Vitro)

HARNANTYO PUTRA (2010) PENGARUH DAYA ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BUAH MERAH (Pandanus conoideus Lam.) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN Srreptococcus viridans (kajian In Vitro). S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
Halaman Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)

Abstract

Latar belakang: Buah merah (Pandanus conoideus Lam.) merupakan salah satu tanaman alternatif yang mengandung antibakteri serta mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Buah merah (Pandanus conoideus Lam.) mengandung senyawa aktif antibakteri, seperti asam lemak tak jenuh, alkaloid, dan minyak atsiri yang diduga mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Salah satu bakteri yang ada di rongga mulut pasca pencabutan gigi adalah bakteri Streptococcus viridans. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh daya antibakteri ekstrak etanol buah merah (Pandanus conoideus Lam.) dalam menghambat pertumbuhan Streptococcus viridans (kajian In Vitro). Metode penelitian: Penelitian ini termasuk jenis penelitian laboratorium eksperimental dengan metode perkolasi untuk pengekstrakan buah merah dan dilusi cair sebagai uji kepekaan kuman untuk mengetahui adanya daya hambat pada konsentrasi tiap-tiap sampel. Bahan uji yang digunakan adalah ekstrak etanol buah merah (Pandanus conoideus Lam.) dengan bakteri yang diujikan adalah Streptococcus viridans yang telah dibandingkan dengan larutan standar McFarland dengan konsentrasi sebesar 106 CFU/ml. Hasil yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan melihat kadar hambat minimal (KHM). Dilakukan pengujian dan pengamatan dengan 3 kali pengulangan sampai didapatkan hasil yang konsisten dan reliabel Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak etanol buah merah . (Pandanus conoideus Lam.) mempunyai kemampuan dalam menghambat bakteri Streptococcus viridans pada konsentrasi 50% dan 25%. Kesimpulan: Daya antibakteri ekstrak etanol buah merah (Pandanus conoideus Lam.) mempunyai pengaruh dalam menghambat pertumbuhan Streptococcus viridans dengan nilai kadar hambat minimal (KHM) sebesar 25% in vitro.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2022 06:45
Last Modified: 13 Jul 2022 06:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33086

Actions (login required)

View Item
View Item