Standardization) TERHADAP ANGKA KUNJUNGAN PASIEN DI PUSKESMAS KABUPATEN BANTUL

HASBI KUSUMA NEGARA (2011) Standardization) TERHADAP ANGKA KUNJUNGAN PASIEN DI PUSKESMAS KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
Halaman Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)

Abstract

Berkaitan dengan pemeliharaan dan peningkatan mutu Puskesmas, salah satu organisasi kesehatan menerapkan standar ISO 9001:2000 untuk Puskesmas perubahan managemen organisasi yang berorientasi pada mutu, perlu menunjukkan kemampuan memenuhi kebutuhan pelanggan dan sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk mengetahui standarisasi tingkat kelayakan sarana dan prasarana sebuah puskesmas demi menciptakan kualitas puskesmas yang baik, Sehingga dapat meminimalkan standar pelayanan agar standar ini dapat di terapkan di semua puskesmas secara efektif dan efisien maka di lakukan penelitian pengaruh Sertifikasi ISO (International Organization for Standardization) terhadap angka kunjungan pasien di Puskesmas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Sertifikasi ISO (International Organization for Standardization) terhadap angka kunjungan pasien di Puskesmas Sedayu 1 Kecamatan Sedayu Kabupaten bantul. Metode yang di lakukan dalam penelitian ini adalah observasional analitik non eksperimental menggunakan data sekunder.Pengambilan data menggunakan metode cross-sectional. Penelitian ini menggunakan sample 12 bulan (Januari-Desember) terhadap angka kunjungan pasien Balai pengobatan umum, BP-Gigi dan Kesehatan ibu dan anak pada tahun 2005 (sebelum ISO) dan pada tahun 2008 (sesudah ISO) di puskesmas sedayu 1 kecamatan sedayu Kabupaten Bantul. kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan uji statistik paired sample T-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sertifikasi ISO (International Organization For Standardization) dapat meningkatkan angka kunjungan pasien di Puskesmas Sedayu 1 pada BP-Umum,BP-Gigi dan KIA. Kunjungan pasien di puskesmas meningkat dibandingkan sebelum ISO. Berdasarkan paired samples T-tes pada BP-Umum,BP-Gigi dan KIA terdapat peningkatan angka kunjungan pasien yang signifikan secara statistik (p<0,05). Hal tersebut mengindikasikan bahwa masyarakat mendapat pelayanan sesuai standar dan tingkat kepuasan cukup tinggi dengan meningkatnya Angka kunjungan pasien ke puskesmas. Kata Kunci: Angka kunjungan pasien, Puskesmas, Sertifikasi ISO (International Organization for Standardization)

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2022 06:52
Last Modified: 13 Jul 2022 06:52
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33087

Actions (login required)

View Item
View Item