AWAN RAHMADI (2009) ANALISIS BUTIR SOAL MATA UJIAN AL-OUR'AN/ HADITS PADA UJIAN AKHIR SEKOLAH TAHUN 2008 DENGAN KASUS TESTEE SISWA SMK MUHAMMADIYAH I PLAYEN GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (197kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (218kB)
BAB I.pdf
Download (4MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (514kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (479kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (451kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat validitas butir soal, tingkat
kesukaran butir soal, kemampuan daya pembeda butir soal, dan efektivitas
penggunaan distraktor butir soal. Soal yang diteliti adalah soal Al-Guran/ Hadits
pada Tes Ujian Akhir Sekolah (UAS) Sekolah Menengah Kejuruan
Muhammadiyah (SMK) testee siswa SMK Muhammadiyah 1 Playen tahun
pelajaran 2007/2008.
Penelitian ini dilakukan dengan meneliti lembar jawaban siswa dalam ujian
Al-Ouran/ Hadits. Testee yang dipilih adalah siswa SMK Muhammadiyah 1
Playen, Gunungkidul. Dari hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut,
ditinjau dari segi validitasnya terlihat dari seluruh soal terdapat 30 item (66,67 Yo)
dapat dikategorikan/ dikatakan valid. Sedangkan, sejumlah 15 item (33,33”6)
soal dikategorikan tidak valid. Artinya butir-butir soal ini telah mempunyai
validitas item yang baik. Ditinjau dari segi tingkat kesukarannya, terdapat 40 Yo
dari soal-soal tes yang telah diujikan memiliki dan termasuk dalam kategori
memadai/ sedang. Sedangkan, soal yang memiliki tingkat kesukaran soal yang
sukar 28,89 Yo. Soal yang memiliki tingkat kesukaran soal yang mudah 31,11 Yo.
Ditinjau dari segi tingkat kesukarannya, terdapat 40 Yo dari soal-soal tes yang
telah diujikan memiliki dan termasuk dalam kategori memadai/ sedang.
Sedangkan, soal yang memiliki tingkat kesukaran soal yang sukar 28,89 Yo. Soal
yang memiliki tingkat kesukaran soal yang mudah 31,11 Yo. Kemudian, ditinjau
dari segi efektivitas penggunaan distraktor (pengecoh), terdapat 113 option (
62,78 Yo) telah berfungsi dengan baik sebagai distraktor. Sedangkan option yang
tidak danat menialankan fiinocinva denoan baik terdanat KT antian (1T DI WN
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 02:26 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 02:26 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33124 |