TEKNIK BIMBINGAN GURU DALAM MENDORONG MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP DIPONEGORO DEPOK KABUPATEN SLEMAN

HENI WAHYU WIDYAYATI (2014) TEKNIK BIMBINGAN GURU DALAM MENDORONG MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP DIPONEGORO DEPOK KABUPATEN SLEMAN. S2 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian berjudul Teknik Bimbingan Guru dalam Mendorong Motivasi
Belajar Siswa di SMP Diponegoro Depok Kabupaten Sleman ini bertujuan untuk
mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi belajar antara siswa yang menetap di
asrama dan siswa yang tinggal bersama orang tua, serta mendeskripsikan teknik
bimbingan guru mata pelajaran UN dalam meningkatkan motivasi belajar siswa
kelas IX di SMP Diponegoro Depok tahun pelajaran 2013/2014.

Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Data dianalisis secara kualitatif interpretatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas
IX yang diambil secara purposif, serta guru yang mengampu mata pelajaran yang
diujikan secara nasional UN.

Hasil analisa data bahwa: 1. Ada perbedaan motivasi belajar antara siswa
yang menetap di asrama dengan siswa yang tinggal bersama orang tua, yaitu siswa
yang menetap di asrama relatif lebih tinggi motivasi belajarnya. 2. Teknik
bimbingan guru mata pelajaran UN menggunakan teknik pelajaran bernuansa
bimbingan, teknik nasehat dan teknik konseling yang dikombinasikan dengan
bimbingan Islami.

Secara umum siswa menunjukkan peningkatan motivasi belajar yang
ditunjukkan oleh keaktifan mengerjakan tugas, kehadiran mengikuti les dan nilai
try out meningkat.

Kata kunci: Motivasi Belajar, dan Teknik Bimbingan

Item Type: Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:54
Last Modified: 15 Jul 2022 03:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33134

Actions (login required)

View Item
View Item