PERAN ACCOUNT OFFICER DALAM MENANGANI PEMBIAYAAN BERMASALAH MURABAHAH (STUDI KASUS PADA PT. BPR SYARIAH BANGUN DRAJAT WARGA YOGYAKARTA)

LISI NOVITA ANGGAI (2017) PERAN ACCOUNT OFFICER DALAM MENANGANI PEMBIAYAAN BERMASALAH MURABAHAH (STUDI KASUS PADA PT. BPR SYARIAH BANGUN DRAJAT WARGA YOGYAKARTA). S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pembiayaan merupakan sumber pendapatan utama bagi lembaga
keuangan termasuk pada BPR Syariah Bangun Drajat Warga Yogyakarta (BPRS). Namun, pelaksanaan pembiayaan ini juga memiliki risiko, yaitu risiko terjadinya pembiayaan bermasalah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem kerja account officer, faktor penyebab pembiayaan bermasalah murabahah, dan peran account officer dalam menagani pembiayaan bermasalah tersebut. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan narasumber dari pihak BPR Syariah Bangun Drajat Warga, account officer, dan juga nasabah pembiayaan BPR Syariah Bangun Drajat Warga. Analisis data yang digunakan adalah triangulasi data, yakni triangulasi metode, sumber, dan teori. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dalam proses pemberian pembiayaan yang dilakukan account officer sudah baik, karena pada praktiknya setiap calon nasabah yang mengajukan pembiayaan harus memenuhi persyaratan dan prosedur yang berlaku. Sedangkan dalam menangani pembiayaan bermasalah yang dilakukan account officer meliputi konfirmasi via telepon, bbm whatsapp, dan lain-lain, memberikan surat peringatan SP 1 sampai dengan SP 3, rescheduling, restructuring reconditioning, penjualan agunan. Namun dalam penanganan pembiayaan tersebut tetap mengedepankan prinsip kekeluargaan sehingga tetap terjalin hubungan baik antara Pihak BPR Syariah dan nasabah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: the roles of account officer, financing problems
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:48
Last Modified: 24 Jan 2024 04:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33142

Actions (login required)

View Item
View Item