MUHAMMAD NURFAJRI MAHARDIKA (2017) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TAK BERSINYAL (STUDI KASUS : RUAS JALAN DAN SIMPANG 3 JALAN IMOGIRI BARAT KM 6,5, BANGUNHARJO, KEC. SEWON, KAB. BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (781kB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (260kB)
BAB I.pdf
Download (249kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (487kB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (216kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (39kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Perkembangan pembangunan duri tahun ke tahun akan meningkat. dengan
meningkatnya pembangunan akan meningkat pula jumlah penduduk yang sangat
padat, sehingga kebutuhan ekonomi juga akan meningkat. Dengan meningkatnya
pertumbuhan ekonomi pada manusia akan membutuhkan pergerakan. Salah satu
sarana yang membantu perekonomian manusia adalah alat trarsportasi, Sehingga
menyebabkan beberapa ruas jalan mengalami perlambatan pergerakan kendaraan
hingga menimbulkan kemacetan yang cukup parah. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui karakteristik ruas jalan dan simpang 3 tak bersinyak di
jalan imogiri barat KM 6,5, Bangunharjo, Kec.Sewon, Kab. Bantul, Daerah
Istimewa Yogyakarta. Demikian hal yang terjadi ruas jalan dan persimpang tak
bersinyal 3 lengan di jl. Imogiri barat KM 6.5. Bangunharjo, kec.Sewon, kab.
Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang tidak terlepas dari masalah lalu lintas
ketika melewati daerah tersebut, terutama pada saat jam-jam sibuk pagi dan sore
hari sering terjadi antrian kendaraan pada ruas jalan dan persimpangan tersebut.
Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer
diperoleh dengan pengambilan data lalu lintas pada hari Minggu, 16 April 2017
dan Selasa, 18 April 2017 dari jam 06.00 — 18.00 WIB dan pengukuran langsung
kondisi geometrik ruas jalan serta geometrik simpang . Data sekunder berupa data
Jumlah penduduk Kabupaten Bantul 2017. Analisis data dalam penelitian ini
berdasarkan pada MKJI 1997 dengan bantuan MS. Excel 2013.
Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa Hambatan samping di hari
minggu dan selasa mempubyai kategori sangat rendah, kecepatan arus bebas pada
hari minggu dan hari selasa sebesar 38,6 km/jam, derajat jenuh pada hari Minggu
dan Selasa relatif kecil yaitu 0,497 dan 0,597, kapasitas ruas jalan minggu dan hari
selasa sebesar 2347,90 smp/jam. Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa
pada persimpangan Derajat jenuh pada hari Minggu dan Selasa rata-rata yaitu
0,89 dan 1,03. Tundaan pada hari minggu rata-rata sebesar 13,02 det/smp dan
selasa rata-rata sebesar 14,50 der'smp. Peluang antrian pada hari minggu rata-
rata sebesar 64,77Y46 batas atas serta 36,5446 batas bawah dan pada hari selasa
rata-rata sebesar 97,9846 batas atas serta 44,236 batas bawah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 02:54 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 02:54 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33147 |