MULYA HARDI (2017) EVALUASI PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PADA PRODI AKUNTANSI MENURUT PERSEPSI MAHASISWA, DOSEN, DAN ALUMNI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (413kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (913kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (509kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yaitu penelitian yang
bertujuan untuk mengukur hasil atau dampak suatu aktivitas, program atau proyek
dengan cara membandingkan dengan tujuan yang telah ditetapkan dan cara
pencapaiannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian penerapan
kurikulum berbasis kompetensi (KBK) di Prodi Akuntansi dengan peraturan
Menteri Pendidikan Nasional, mengetahui sejauh mana efektivitas penerapan
kurikulum berbasis kompetensi di Prodi Akuntansi serta mengetahui kendala yang
dihadapi selama penerapannya. Metode analisis yang digunakan adalah metode
analisis Deskriptip Kualitatif Evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini
meliputi SK Mendiknas No. 232/U/2000 dan SK Mendiknas No. 045/U/2002,
tingkat pemahaman KBK, Proses Penerapan KBK dan Hasil penerapan KBK.
Hasil Pengujian terhadap 66 sampel penelitian dari mahasiswa, Alumni
dan Dosen selama kurun waktu berjalannya Kurikulum Berbasis Kompetensi
sejak 2012 sampai 2016 di Prodi Akuntansi menunjukkan bahwa penerapan
Kurikulum Berbasis Kompetensi telah sesuai dengan SK Mendiknas No.
232/U/2000 dan SK Mendiknas No. 045/U/2002, sedangkan menurut persepsi
mahasiswa, Alumni dan Dosen Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi di
Prodi Akuntansi telah efektiv walaupun masih ada beberapa kekurangan yang
harus ditingkatkan.
Kata kunci : evaluasi Kurikulum. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Deskriptip
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 03:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 03:13 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33150 |