EVALUASI PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PADA PRODI AKUNTANSI MENURUT PERSEPSI MAHASISWA, DOSEN, DAN ALUMNI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

MULYA HARDI (2017) EVALUASI PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PADA PRODI AKUNTANSI MENURUT PERSEPSI MAHASISWA, DOSEN, DAN ALUMNI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yaitu penelitian yang
bertujuan untuk mengukur hasil atau dampak suatu aktivitas, program atau proyek
dengan cara membandingkan dengan tujuan yang telah ditetapkan dan cara
pencapaiannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian penerapan
kurikulum berbasis kompetensi (KBK) di Prodi Akuntansi dengan peraturan
Menteri Pendidikan Nasional, mengetahui sejauh mana efektivitas penerapan
kurikulum berbasis kompetensi di Prodi Akuntansi serta mengetahui kendala yang
dihadapi selama penerapannya. Metode analisis yang digunakan adalah metode
analisis Deskriptip Kualitatif Evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini
meliputi SK Mendiknas No. 232/U/2000 dan SK Mendiknas No. 045/U/2002,

tingkat pemahaman KBK, Proses Penerapan KBK dan Hasil penerapan KBK.

Hasil Pengujian terhadap 66 sampel penelitian dari mahasiswa, Alumni
dan Dosen selama kurun waktu berjalannya Kurikulum Berbasis Kompetensi
sejak 2012 sampai 2016 di Prodi Akuntansi menunjukkan bahwa penerapan
Kurikulum Berbasis Kompetensi telah sesuai dengan SK Mendiknas No.
232/U/2000 dan SK Mendiknas No. 045/U/2002, sedangkan menurut persepsi
mahasiswa, Alumni dan Dosen Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi di

Prodi Akuntansi telah efektiv walaupun masih ada beberapa kekurangan yang

harus ditingkatkan.

Kata kunci : evaluasi Kurikulum. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Deskriptip

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:13
Last Modified: 18 Jul 2022 03:13
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33150

Actions (login required)

View Item
View Item