PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TARIKH MELALUI METODE SNOWBALL THROWING DI SD MUHAMMADIYAH PAJANGAN BERBAH SLEMAN

BUNGA NURAZIZA (2017) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TARIKH MELALUI METODE SNOWBALL THROWING DI SD MUHAMMADIYAH PAJANGAN BERBAH SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Siswa tidak biasa berani untuk mengajukan pertanyaan atau
mengemukakan pendapat selama kegiatan pembelajaran. Hal ini terjadi karena
suasana pembelajaran di dalam kelas sering membuat siswa merasa jenuh. Oleh
karena itu, peneliti berupaya menggunakan snowball throwing sebagai metode
pembelajaran agar terciptanya suasana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Tarikh
melalui metode snowball throwing.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Dengan subyek
penelitian peneliti sendiri dan seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah Pajangan
1. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi yang dianalisis secara
deskripsi.

Keaktifan siswa dalam pembelajaran Tarikh sebelum menggunakan
metode snowball throwing sangat rendah. Keaktifan siswa dalam pembelajaran
Tarikh setelah menggunakan metode snowball throwing meningkat cukup baik.
Pada pengamatan sebelumnya siswa aktif bertanya pada guru di dalam kelas
berjumlah 3 orang saja. Setelah menggunakan metode pembelajaran snowball
throwing siswa yang aktif bertanya pada guru di dalam kelas bertambah menjadi 5
orang atau sebanyak 17,256 dari 29 siswa. Ada peningkatan keaktifan siswa dalam
pembelajaran Tarikh dengan menggunakan metode snowball throwing,
peningkatan sebanyak 17,26 dari 29 siswa.

Keyword: siswa aktif, pembelajaran Tarikh, metode snowball throwing

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:26
Last Modified: 21 Jul 2022 01:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33152

Actions (login required)

View Item
View Item