PENGARUH PENGGUNAAN GAME ONLINE DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KECERDASAN EMOSI REMAJA DUSUN JONGKANG

SARI ASTUTI (2014) PENGARUH PENGGUNAAN GAME ONLINE DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KECERDASAN EMOSI REMAJA DUSUN JONGKANG. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan game online,
interaksi sosial dan kecerdasan emosi remaja di Dusun Jongkang, selanjutnya untuk
membuktikan pengaruh penggunaan game online terhadap kecerdasan emosi remaja,
pengaruh interaksi sosial terhadap kecerdasan emosi remaja serta pengaruh
penggunaan game online dan interaksi sosial secara simultan terhadap kecerdasan
emosi remaja di Dusun Jongkang.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional, populasi
berjumlah 140, dengan sampel 70 remaja yang diambil dengan random sampling.
Data dikumpulkan dengan kuisioner model skala likert dan dianalisis secara
deskriptif, uji asumsi klasik, uji t, uji f, analisis koefisien determinasi, regresi linier
sederhana dan regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Intensitas penggunaan game online
di Dusun Jongkang terbilang sering, yaitu sekitar 3894 remaja yang menggunakan
game online. (2) Interaksi sosial remaja di Dusun Jongkang tergolong baik, yaitu ada
sekitar 40Yo. (3) Remaja di Dusun Jongkang mempunyai kecerdasan emosi yang baik
yaitu 440 . (4) Penggunan game online mempunyai pengaruh terhadap kecerdasan
emosi remaja, yaitu 6,1”6. (5) Iteraksi sosial mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap kecerdasan emosi remaja, yaitu 57,74 (6) Penggunaan game online dan
interaksi sosial secara bersama — sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
kecerdasan emosi remaja, yaitu 58,446. (7) Interaksi sosial lebih berpengaruh
terhadap kecerdasan emosi remaja, di bandingan dengan penggunaan game online.

Kata Kunci : penggunaan game online. interaksi sosial dan kecerdasan emasi

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:24
Last Modified: 21 Jul 2022 03:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33170

Actions (login required)

View Item
View Item