EDY DJATMIKO (2002) BIAS JENDER DALAM BUKU PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP DAN SMU. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (198kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (3MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (841kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (421kB)
Abstract
Kesimpulan Masih kuatnya pandangan dan sikap masyarakat terhadap peran pria dan wanita yang bersifat stereotype atau berdasarkan jender menjadi kendala utama yang menghadang kesempatan wanita untuk maju. Nilai-nilai sosial budaya yang patriarkhis jelas tidak mungkin mendukung peningkatan kedudukan wanita dalam masyarakat serta peranannya dalam pembangunan. Setelah melakukan penelitian terhadap buku pelajaran Pendidikan Agama Islam Maka dapat di ambil kesimpulan sebagai bedkut: 1. Berdasarkan pembahasan dan analisis pada bab Ill, bahwa di dalam buku mats pelajaran pendidikan Agama Islam dalam materi Munakahat untuk SMP dan SMU terbitan Departemen Agama RI terdapat bias jender. 2. bias jender yang terdapat dalam materi Munakahat tersebut antara lain : a. Bias Jender dalam rumusan kalimat dalam materi Munakahat pada bagian kewajiban suami-istri . Pada kewajiban suami istri dalam buku ajar wajib pendidikan Agama Islam PAT) tersebut menempatkan suami/laki-laki pada peran dan posisi lebih tinggi dari istri/perempuan "suami mencari nalkah", sedangkan istri/perempuan sebagai "pengatur rumah tangga". Peran dan posisi suami/laki-laki dianggap lebih tinggi karena mencari naikah dilaksanakan di luar rumah (publik) yang bisa menghasilkan uang. sedangkan peran dan
64
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 03:11 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 03:11 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33205 |