PENINGKATAN KEATIFAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOURNAMENT DI SD MUHAMMADIYAH KARANGDUWET GUNUNGKIDUL

HARYATI (2014) PENINGKATAN KEATIFAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOURNAMENT DI SD MUHAMMADIYAH KARANGDUWET GUNUNGKIDUL. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)

Abstract

Tujuan penelitian keaktifan ini adalah meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam melalu model pembelajaran learning tournament di SD Muhammadiyah Karangduwet Gunungkidul.
Jenis penelitian ini adalah Clasroom Action Reset (PTK). Sedangkan analisis data menggunakan deskritif kuantitatif dan kualitatif. Metode yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan catatan harian. Subyek yang diteliti adalah seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah Karangduwet Gunungkidul. Obyek penelitian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Validitas data menggunkan teknik trianggulasi sedangkan slur pelaksanaan PTK mengikuti Kemmis dan Tegart dengan tahap-tahap penelitian yaitu rencana, observasi, tindakan dan refleksi.
Hasil penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran learning tournament selama pembelajaran mengalami peningkatan Keaktifan siswa selama pembelajaran berlangsung mengalami peningkatan sebesar 53.7% pada prasiklus, pada pertemuan 1 siklus I meningkat sebesar 22.2% pada pertemuan 2 siklus I meningkat sebesar 8.33%, kemudian meningkat menjadi 78.70% pada pertemuan I siklus II, dan meningkat menjadi 83.33% pada pertemuan 2 siklus II, terakhir meningkat sebesar 87.96 pada pertemuan 1 siklus Ill dan 95.37 % pada pertemuan 2 siklus JI1.Sedangkan keaktifan siswa berdasarkan indikator keaktifan yaitu (a) keberanian siswa dalam bertanya dari prasiklus meningkat sebesar 55.55% (b) menjawab pertanyaan meningkat sebesar 50% (c) Motivasi dan kegairahan dalam mengikuti pembelajaran (menyelesaikan tugas mandiri atau tugas kelompok) meningkat sebesar 50% (d) Interaksi siswa dalam mengikuti diskusi kelompok meningkat sebesar 44.44% (e) Hubungan siswa dengan siswa lain selama pembelajaran (dalam kerja kelompk) meningkat sebesar 50% (f) Partisipasi siswa dalam pembelajaran (memperhatikan), ikut melakukan kegiatan kelompok, selalu mengikuti petunjuk guru meningkat sebesar 50% dari prasiklus.
Key word: keaktifan siswa, model pembelajaran learning tournament
xii

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:30
Last Modified: 22 Jul 2022 07:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33224

Actions (login required)

View Item
View Item