SARMIYATI (2014) PENERAPAN PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA MORAL DAN SOSIAL EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SPS NUSA INDAH PATUK, GUNUNGKIDUL. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (224kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (244kB)
BAB I.pdf
Download (8MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (458kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan permainan edukatif untuk menstimulasi perkembangan nilai-nilai agama moral dan sosial emosional peserta didik di SPS Nusa Indah Patuk, Gunungkidul, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan permainan edukatif tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, catatan harian, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan permainan edukatif untuk menstimulasi perkembangan nilai-nilai agama moral dan sosial emosional peserta didik di SPS Nusa Indah Patuk, Gunungkidul meliputi empat jenis permainan yaitu pennainan fisik, menyanyi lagu anak, permainan teka-teki berpikir logis matematis dan permainan peran. (2) Perkembangan nilai-nilai agama moral peserta didik di SPS Nusa Indah yang terstimulasi meliputi ajaran tauhidiagidah, ibadah, akhlak dan kisah nabi. Perkembangan sosial emosional peserta didik di SPS Nusa Indah yang terstimulasi meliputi: fokus, mengatur diri, rasa percaya diri, sikap dan perilaku yang dapat diterima dalam hidup bermasyarakat. (3) Penerapan permainan edukatif untuk mestimulasi perkembangan nilai-nilai agama moral dan sosial emosional peserta didik di SPS Nusa Indah terlaksana dengan balk karena memiliki daya dukung dan internal dan eksternal lembaga meliputi kerjasama yang baik antara pendidik dan pengelola, dukungan dan pemerintah, adanya peran serta orangtua dan kerjasama dengan organisasi mitra lembaga. Penerapan permainan edukatif untuk mestimulasi perkembangan nilai-nilai agama moral dan sosial emosional peserta didik di SPS Nusa Indah mendapatkan hambatan meliputi sarana prasarana kurang memadai, kondisi keuangan tidak stabil dan perbedaan kemampuan anak.
Kovienrdc- normninnti priiikntif nilni-nilai agama moral_ sosial emosional
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 02:04 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 02:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33249 |