AMIN RAIS (2017) KARAKTERISTIK VISKOSITAS DAN KONDUKTIVITAS TERMAL TIGA PRODUK MINYAK PELUMAS BESERTA PENGARUHNYA TERHADAP SEPEDA MOTOR HONDA BEAT PGM F1 110CC. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (2MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (276kB)
BAB I.pdf
Download (668kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (425kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (398kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Produk minyak pelumas di Indonesia sangat bervariasi seiring dengan
berkembangnya teknologi pada dunia Automotiv. Salah satu Jenis kendaraan yang
paling diminati adalah sepeda motor, minyak pelumas pada sepeda motor
digunakan sebagai media pendingin panas yang diakibatkan oleh kerja mesin
serta mengurangi gesekan antar tiap komponen di dalam mesin, sehingga dapat
meminimalkan kerusakan pada komponen mesin sepeda motor.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik Viskositas dan
Konduktivitas termal tiga produk minyak pelumas beserta pengaruhnya terhadap
kinerja sepeda motor Honda Beat PGM FI 110 ce. Produk minyak pelumas yang
digunakan pada penelitian ini antara lain, oli MPX 2, oli Motul, dan oli BM 1.
Pada pengujian Konduktivitas Termal menggunakan alat Thermal Conduktivity of
Liguid and Gases Unit dengan 5 variasi tegangan dan arus yaitu posisi 1 sampai
posisi 5. Pada pengujian Viskositas menggunakan alat Viscometer NDJ 8S
dengan variasi temperatur kamar, 300C, 40”C, 5000, dan 60”C. Pada pengujian
Daya dan Torsi dilakukan di mototech Yogyakarta dengan Dynometer setelan
balap, sedangkan pengujian Konsumsi bahan bakar dilakukan di area Stadion
Sultan Agung, Bantul dengan rute 4 km pada kecepatan 40 Km/jam, dengan
menggunakan bahan bakar Pertamax Ron 92.
Berdasarkan hasil pengujian Viskositas dan Konduktivitas Termal didapat
bahwa oli MPX 2 memiliki nilai Viskositas dan Konduktivitas Termal yang lebih
rendah dibandingkan dengan kedua oli lainnya. Pada pengujian Daya oli MPX 2
diperoleh nilai 7,1 HP pada rpm 6375 sedangkan oli BM 1 memilki Daya paling
tinggi sebesar 7,3 HP pada rpm 7312. Sedangkan Torsi rata-rata tertinggi
dimiliki oleh oli BM 1 yaitu sebesar 6,32 N.m. Hasil Konsumsi bahan bakar pada
oli BM I yaitu 61,84 Kmliter, Sedangkan oli MPX 2 konsumsi bahan bakarnya
adalah 56,09 Km/liter. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa ketiga oli
tersebut memiliki nilai Viskositas, Konduktivitas Termal, serta unjuk kerja
terhadap motor bakar yang bervariasi.
Kata kunci: konduktivitas termal, viskositas, daya, torsi, konsumsi bahan bakar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 03:08 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 03:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33280 |