UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 PENGASIH KULON PROGO

LATIEF MUBAROK (2010) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penerapan model Cooperative Learning tipe Jigsaw pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam sebagai upaya meningkatkan keaktifan siswa.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung
dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan
tindakan kelas, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
VII C SMP Negeri 2 Pengasih Kulon Progo yang berjumlah 32 siswa. Data yang
dihimpun berupa hasil pengamatan, jurnal harian, nukilan materi yang digunakan.
Hasil dari pengamatan dianalisis dan diprosentasekan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, sebelum penelitian (pra siklus)
keaktifan siswa masih rendah dengan indikator baik 8.36, sedang 22.22”6, kurang
19.44”, prosentase aktifitas siswa seluruhnya baru 50Yo kemudian pada siklus I
baik 16.6Yo, sedang 44.44Yo, kurang 5.55”, prosentase aktifitas siswa seluruhnya
naik 66.666 dan pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat menjadi baik
66.664, sedang 22.226, kurang 0Yo prosentase aktifitas siswa seluruhnya
menjadi 88.88”o. Pada siklus II ini tidak ditemukan siswa yang keaktifan
belajarnya rendah.

Dengan demikian model Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat

diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Kata Kunci: Keaktifan, Belajar Pendidikan Agama Islam, Penelitian

Cooperative Learning tipe Jigsaw.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:36
Last Modified: 27 Jul 2022 07:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33314

Actions (login required)

View Item
View Item