RIZQI KHAERUNNISA (2017) PERAN LEMBAGA OMBUDSMAN DIY DALAM PENGAWASAN PENYELENGGARAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DI DIY. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (180kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (359kB)
BAB I.pdf
Download (5MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (864kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (776kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
PPDB SMA tahun pelajaran 2017/2018 di DIY diberlakukan dengan
sistem baru seperti sistem zonasi dan sistem kuota 20”4 bagi peserta didik dari
keluarga ekonomi tidak mampu berdasarkan Peraturan Kepala Disdikpora DIY
Nomor 871 dan Nomor 872 Tahun 2017. Dalam pelaksanaannya, banyak
masyarakat yang merasa bingung karena kurangnya sosialisasi dan
ditemukannya berbagai permasalahan sehingga masyarakat melakukan laporan
pengaduan kepada Lembaga Ombudsman DIY sebagai lembaga independen
yang memiliki fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan publik dan
etika usaha swasta, termasuk PPDB SMA di DIY. Maka tujuan dar! penelitian
ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Lembaga Ombudsman DIY
dalam pengawasan PPDB SMA tahun 2017/2018 di DIY.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber
data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Sedangkan
metode pengumpulan datanya dengan wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian yang didapatkan adalah LO DIY dalam pengawasan
penyelenggaraan PPDB SMA tahun pelajaran 2017/2018 di DIY melakukan
peran seperti menerima pengaduan dari masyarakat, menyelidiki pengaduan,
memberikan rekomendasi, dan menerbitkan laporan. LO DIY pada 6 Juli 2017
menerima pengaduan dari 50-an orang tua peserta didik yang mengadukan
terkait permasalahan penyelenggaraan PPDB. Kemudian LO DIY melakukan
tindak lanjut dengan klarifikasi kepada Kepala Disdikpora DIY dilanjutkan
dengan koordinasi dan investigasi untuk memperoleh informasi yang akurat
untuk perumusan produk akhir. Selanjutnya, rekomendasi jangka pendek
diberikan oleh LO DIY pada saat dilakukan pertemuan dengan orang tua dan
Disdikpora DIY, namun untuk produk akhir resmi yang berisi kesimpulan dan
rekomendasi masih dalam tahap penyusunan. Selanjutnya LO DIY
menerbitkan laporan triwulan dan laporan satu tahun yang diberikan kepada
Gubernur DIY, pengaduan tentang PPDB SMA dimuat dalam Laporan
Pelaksanaan Tugas LO DIY Triwulan Kedua dan Ketiga Tahun 2017.
Peran yang dilaksanakan LO DIY belum sepenuhnya optimal, terutama
dalam hal perumusan produk akhir yang berupa rekomendasi dimana
membutuhkan waktu lama. Oleh karena itu, sebaiknya LO DIY membuat
prioritas penyusunan produk akhir terhadap pengaduan kasus yang krusial
substansi dan dampaknya. Kemudian, LO DIY juga perlu melakukan upaya
pendekatan dan sosialisasi yang lebih masif terhadap stakeholder dan
masyarakat, agar tngas, fungsi, dan wewenangnya dapat dipahami dengan baik
dan benar oleh publik dan tidak ada anggapan LO DIY sebagai lembaga yang
merumitkan perkara dan tugas penyelenggara pelayanan publik di DIY.
Kata Kunci: Peran, Pengawasan, Lembaga Ombudsman DIY, PPDB SMA
2017/2018 DIY
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 03:34 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 03:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33332 |