WAHYUDI (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 2 TARAKAN DAN DI SMA NEGERI I SEBATIK TENGAH. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (181kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (719kB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (67kB)
BAB I.pdf
Download (514kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (234kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (323kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (263kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat menjelaskan bagaimana Implementasi
pendidikan di Sekolah menengah atas antar dua daerah yang berbeda yaitu di
SMA Negeri 2 Tarakan dan di SMA Negeri 1 Sebatik Tengah, Sekolah yang
berada di kota dan yang berada didesa.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Subyek dalam
penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru pendidikan Agama Isiam. Sedangkan
teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara
observasi, wawancara dan dokumentasi. Indikator (1) implementasi pendidikan
Agama Islam di SMA Negeri 2 Tarakan (2) implementasi Pendidikan Agama
Islam SMA Negeri 1 Sebatik Tengah.
Hasil dari penelitian ini, peneliti dapat memaparkan bahwa (1)
Implementasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah menengah atas di SMA Negeri
2 Tarakan dapat dikatakan belum baik saat diluar pembelajaran, disebabkan oleh
banyaknya siswa diketahui merokok, adapun didapatkan menggunakan narkoba
dan kejadian berhubungan intim diluar nikah, beberapa faktor yang
mempengaruhi, (a) letak geografis, diperkotaan segala sesuatu ada, mudah
mengakses apapun yang siswa inginkan. (b) Budaya dikota semakin luntur, salam,
sapa dan sopan merupakan budaya yang telah dibiasakan, namun sekarang sudah
mulai hilang perlahan. (c) pergaulan dikota sangat minim dengan moral,
kekerasan, kejahatan dan kriminal sudah sering terjadi pada kota kota umumnya
dan salah satunya yaitu kota di Tarakan. Sedangkan dalam pembelajaran dapat
dikatakan kondusif. (2) Implementasi pendidikan agama Islam Sekolah Menengah
Atas di desa baik diluar pembelajaran maupun didalam pembelajaran, dikarenakan
pergaulan yang positif, sebab budaya sopan dan santun masih melekat pada
pelajar dan warga tersebut.
Kata kunci : Implementasi, pendidikan, agama Islam.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 07:19 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 07:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33342 |