NADIYA APRILIANA (2022) DIPLOMASI PENDIDIKAN KOREA SELATAN DI INDONESIA MELALUI KOICA: STUDI KASUS “RoD IT MANAGEMEMT SUPPORT FOR ICT TRAINING AND DEVELOPMENT CENTER” TAHUN 2018. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (325kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (195kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (33kB)
Bab I.pdf
Download (127kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (232kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (302kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (22kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (235kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (887kB)
Abstract
Diplomasi merupakan salah satu instrument dalam melaksanakan kepentingan nasionalnya. Ada banyak sekali kepentingan nasional yang ingin dicapai oleh sebuah negara seperti keamanan hingga citra baik negaranya. Diplomasi kerap dilakukan karena konsepnya yang lebih lunak. Salah satu contoh kegiatan diplomasi yang di lakukan oleh Korea Selatan dan Indonesia melalui Korea International Cooperation Agency dalam bentuk kerjasama dibidang Pendidikan Bersama Badan Pelatihan dan Perkembangan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi tahun 2018 dengan nama program RoD Management Support for ICT Training and Develeopment Center. Penelitian ini berfokus pada bentuk diplomasi Pendidikan Korea Selatan melaui KOICA di Indonesia yang di implementasikan melalui kegiatan hibah dan dukungan di bidang TIK di BPPTIK. Diplomasi yang dilakukan oleh Korea Selatan ini memberikan banyak keuntungan baik bagi kedua negara hingga banyak sekali menggandeng pihak pihak dari Indonesia dan Korea Selatan yang juga turut berpartisipasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEYWORDS: SOUTH KOREA, EDUCATIONAL DIPLOMACY, KOICA |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 07:20 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 07:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33459 |