OPTIMALISASI WAKTU DAN BIAYA PADA PEMBANGUNAN JALAN PROVINSI

ADELA ARUM KUSUMA PUTRI (2022) OPTIMALISASI WAKTU DAN BIAYA PADA PEMBANGUNAN JALAN PROVINSI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (584kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Keberhasilan proyek konstruksi dapat dilihat dari ketepatan waktu, biaya, dan mutu yang telah direncanakan. Namun terkadang keterlambatan proyek sering terjadi karena adanya kesalahan dalam mengestimasi waktu, bahan material, keuangan, peralatan, tenaga kerja, bahkan lingkungan yang tidak mendukung. Untuk meminimalisir adanya keterlambatan proyek maka dibutuhkan upaya mempercepat durasi proyek dengan konsekuensi perubahan biaya proyek. Penelitian ini menggunakan metode Duration Cost Trade Off (DCTO) untuk mengoptimalisasi durasi dan biaya proyek. Dengan menggunakan pendekatan Project Crashing dengan alternatif kerja lembur selama 1-3 jam. Setelah dilakukan analisis percepatan durasi didapatkan hasil yang lebih singkat dari semula 240 hari kalender dengan biaya sebesar Rp 35.914.195.00,00 pada penambahan jam kerja lembur 1 jam didapatkan durasi menjadi 228 hari kalender dengan biaya sebesar Rp 35.833.201.757,53 pada penambahan 2 jam kerja lembur durasi menjadi 219 hari kalender dengan biaya Rp 35.759.680.448,72, dan pada 3 jam kerja lembur diperoleh durasi menjadi 213 hari kalender dengan biaya Rp 35.666.409.583,84.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: DURATION COST TRADE OFF, DURATION ACCELERATION, OVERTIME HOURS ADDED, ROAD CONSTRUCTION
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 08 Sep 2022 07:22
Last Modified: 08 Sep 2022 07:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33460

Actions (login required)

View Item
View Item