VIRMA MIFTAKHUL ANGGARSARI (2022) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN SENTRA INDUSTRI KECIL KERAJINAN BLANGKON DI PADUKUHAN BEJI, KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (977kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (152kB)
Bab I.pdf
Download (459kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (451kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (364kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (381kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (957kB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (159kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (388kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (395kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI ALTERNATIF STRATEGI PENGEMBANGAN DALAM USAHA INDUSTRI KECIL KERAJINAN BLANGKON DI PADUKUHAN BEJI, SLEMAN. SUBJEK DALAM PENELITIAN INI YAITU PARA PELAKU USAHA KERAJINAN BLANGKON YANG ADA DI PADUKUHAN BEJI, SLEMAN. SERTA PIHAK YANG TERKAIT YAITU SALAH SATU STAFF DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN SLEMAN, DAN SEORANG EKONOM. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KUALITATIF DENGAN TEKNIK PENGUMPULAN DATANYA MELALUI WAWANCARA, OBSERVASI, DAN PENYEBARAN KUISIONER. DALAM PENELITIAN INI MENGGUNAKAN DATA PRIMER YANG DIPEROLEH LANGSUNG DARI NARASUMBER YANG BERSANGKUTAN. ALAT ANALISIS YANG DIGUNAKAN ADALAH TEKNIK ANALISIS SWOT YANG BERISIKAN HUBUNGAN ANTARA FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL PERUSAHAAN. HASIL PENELITIAN MENUNJUKAN BAHWA SEMUA PELAKU USAHA INDUSTRI KECIL KERAJINAN BLANGKON YANG BERADA DI PADUKUHAN BEJI, SLEMAN MENGGUNAKAN FOCUS STRATEGI YANG MERUPAKAN SEBUAH KOMBINASI ANTARA COST LEADERSHIP DENGAN STRATEGI DIFERENSIASI, DENGAN JENIS STRATEGI YANG DIGUNAKAN DIANTARANYA YAITU MENJAGA KUALITAS, PENAMBAHAN STOK BAHAN BAKU, MEMPERLUAS JARINGAN PEMASARAN, PENGEMBANGAN MODEL BLANGKON LAIN, KAIN YANG LEBIH BERKUALITAS, PEMASARAN ONLINE, PENINGKATAN KUALITAS PRODUK, DAN MEMPERBAIKI KUALITAS PRODUK. SELAIN STRATEGI TERSEBUT TERDAPAT 11 ALTERNATIF STRATEGI YANG DITERAPKAN SESUAI DENGAN SITUASI YANG ADA DIANTARANYA YAITU 3 KOMBINASI DARI STRATEGI STRENGTHS DAN OPPORTUNITIES, 2 KOMBINASI DARI STRATEGI WEAKNESS DENGAN OPPORTUNITIES, 5 KOMBINASI DARI STRENGTH DAN THREATS, SERTA 1 KOMBINASI DARI WEAKNESS DAN THREATS. ADAPUN SARAN : (1) PARA PEMILIK USAHA KERAJINAN BLANGKON UNTUK MEMANFAATKAN PELUANG DAN KEKUATAN SERTA PENGEMBANGAN IDE-IDE INOVATIF UNTUK PENGEMBANGAN, SERTA (2) MEMANFAATKAN PROGRAM-PROGRAM PEMERINTAH YANG BERUPA PELATIHAN MAUPUN EVENT PAMERAN YANG TELAH DIADAKAN AGAR DAPAT MENCIPTAKAN SDM YANG TERAMPIL UNTUK SIAP BERSAING DI DUNIA USAHA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ANALISIS SWOT, STRATEGI INDUSTRI, INDUSTRI KECIL, KEMAMPUAN INOVASI |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 06:50 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 06:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33492 |