PENERIMAAN PENONTON TERHADAP HEGEMONI MASKULINITAS DALAM IKLAN TELEVISI KUKU BIMA ENER-G!, LISTERINE DAN MIZONE

DINDA ANNISA PURBA (2022) PENERIMAAN PENONTON TERHADAP HEGEMONI MASKULINITAS DALAM IKLAN TELEVISI KUKU BIMA ENER-G!, LISTERINE DAN MIZONE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI BAGAIMANA PENERIMAAN PENONTON TERHADAP HEGEMONI MASKULINITAS DALAM IKLAN TELEVISI KUKU BIMA ENER-G! VERSI SAURAV GURJAR, LISTERINE VERSI JOE TASLIM DAN MIZONE VERSI BANTU #SIAPBALIKIN SEMANGAT LIBURAN. PEGAMBARAN HEGEMONI MASKULINITAS DALAM KETIGA IKLAN TELEVISI MENGGAMBARKAN LAKI-LAKI MEMILIKI HAL YANG SEPATUTNYA DIIKUTI AGAR MENJADI SEORANG LAKI-LAKI SEUTUHNYA. BENTUK FISIK, PERAN DAN KARAKER YANG DIHUBUNGKAN DENGAN SEORANG LAKI-LAKI DIKONSTRUKSI DARI SUATU MASYARAKAT DI INDONESIA DAN MASYARAKAT TIDAK MEMPERTANYAKAN DAN MEMPERMASALAHKAN BAHWA ADA KEPENTINGAN YANG MENDASARI TERBENTUKNYA KONSTRUKSI ITU. MAKA DARI ITU, PENELITIAN INI MENGGUNAKAN TEORI RECEPTION ANALYSIS STUART HALL DENGAN TEKNIK PENGAMBILAN DATA WAWANCANA MENDALAM (IN-DEPTH INTERVIEW) YANG TELAH MENDAPATKAN IZIN DARI MASING-MASING INFORMAN UNTUK DITULISKAN DALAM SEBUAH PENELITIAN. PENELITI MEMILIH EMPAT ORANG INFORMAN DAN HASIL DARI PENELITIAN INI DIDAPATKAN BAHWA DUA INFORMAN MEMBERIKAN PEMAKNAAN YANG SAMA TERHADAP KESELURUHAN PESAN YANG DISAMPAIKAN ATAU BERADA PADA POSISI DOMINANT HEGEMONIC. DUA INFORMAN LAINNYA JUGA MEMILIKI PENDAPAT YANG MENARIK, MENEMPATI POSISI NEGOTIATED POSITION DAN OPPOSITIONAL POSITION. PERBEDAAN PEMAKNAAN INFORMAN TERSEBUT DISEBABKAN OLEH FAKTOR PEMAHAMAN TENTANG SEKSUALITAS DAN FAKTOR LINGKUNGAN KELUARGA TENTANG SEKSUALITAS. TERLIHAT DALAM PENELITIAN INI PARA INFORMAN CENDERUNG MELAKUKAN PENERIMAAN SESUAI DENGAN LATAR BELAKANG MEREKA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: RECEPTION ANALYSIS, HEGEMONIC MASCULINITY, TELEVISION COMMERCIAL
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 08 Sep 2022 06:38
Last Modified: 08 Sep 2022 06:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33509

Actions (login required)

View Item
View Item