DINDA ANNISA PURBA (2022) PENERIMAAN PENONTON TERHADAP HEGEMONI MASKULINITAS DALAM IKLAN TELEVISI KUKU BIMA ENER-G!, LISTERINE DAN MIZONE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (386kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (237kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (259kB)
Bab I.pdf
Download (495kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (663kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (171kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (402kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (645kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (521kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI BAGAIMANA PENERIMAAN PENONTON TERHADAP HEGEMONI MASKULINITAS DALAM IKLAN TELEVISI KUKU BIMA ENER-G! VERSI SAURAV GURJAR, LISTERINE VERSI JOE TASLIM DAN MIZONE VERSI BANTU #SIAPBALIKIN SEMANGAT LIBURAN. PEGAMBARAN HEGEMONI MASKULINITAS DALAM KETIGA IKLAN TELEVISI MENGGAMBARKAN LAKI-LAKI MEMILIKI HAL YANG SEPATUTNYA DIIKUTI AGAR MENJADI SEORANG LAKI-LAKI SEUTUHNYA. BENTUK FISIK, PERAN DAN KARAKER YANG DIHUBUNGKAN DENGAN SEORANG LAKI-LAKI DIKONSTRUKSI DARI SUATU MASYARAKAT DI INDONESIA DAN MASYARAKAT TIDAK MEMPERTANYAKAN DAN MEMPERMASALAHKAN BAHWA ADA KEPENTINGAN YANG MENDASARI TERBENTUKNYA KONSTRUKSI ITU. MAKA DARI ITU, PENELITIAN INI MENGGUNAKAN TEORI RECEPTION ANALYSIS STUART HALL DENGAN TEKNIK PENGAMBILAN DATA WAWANCANA MENDALAM (IN-DEPTH INTERVIEW) YANG TELAH MENDAPATKAN IZIN DARI MASING-MASING INFORMAN UNTUK DITULISKAN DALAM SEBUAH PENELITIAN. PENELITI MEMILIH EMPAT ORANG INFORMAN DAN HASIL DARI PENELITIAN INI DIDAPATKAN BAHWA DUA INFORMAN MEMBERIKAN PEMAKNAAN YANG SAMA TERHADAP KESELURUHAN PESAN YANG DISAMPAIKAN ATAU BERADA PADA POSISI DOMINANT HEGEMONIC. DUA INFORMAN LAINNYA JUGA MEMILIKI PENDAPAT YANG MENARIK, MENEMPATI POSISI NEGOTIATED POSITION DAN OPPOSITIONAL POSITION. PERBEDAAN PEMAKNAAN INFORMAN TERSEBUT DISEBABKAN OLEH FAKTOR PEMAHAMAN TENTANG SEKSUALITAS DAN FAKTOR LINGKUNGAN KELUARGA TENTANG SEKSUALITAS. TERLIHAT DALAM PENELITIAN INI PARA INFORMAN CENDERUNG MELAKUKAN PENERIMAAN SESUAI DENGAN LATAR BELAKANG MEREKA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | RECEPTION ANALYSIS, HEGEMONIC MASCULINITY, TELEVISION COMMERCIAL |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 06:38 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 06:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33509 |