KHANIF SUNU UTAMA (2022) PENGARUH UKURAN KATUP TERHADAP KINERJA MESIN MOTOR HONDA ASTREA GRAND 145 CC. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (633kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (362kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15kB)
Bab I.pdf
Download (80kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (252kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (305kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (171kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (76kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (735kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (546kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
SEMAKIN BERTAMBAHNYA USIA MESIN, UMUMNYA MESIN AKAN KEHILANGAN TENAGA DAN TORSINYA, SEHINGGA BANYAK DARI PENGGUNANYA MELAKUKAN BERBAGAI MODIFIKASI. SALAH SATU MODIFIKASI YANG DILAKUKAN ADALAH MENGGANTI UKURAN KATUP PADA MESIN SEPEDA MOTOR. PENELITIAN TENTANG PENGARUH DIAMETER KATUP MENGGUNAKAN MOTOR STANDAR MEMILIKI KEKURANGAN YAITU PERUBAHAN UNJUK KERJA YANG TIDAK SIGNIFIKAN. KESULITAN INI DIKARENAKAN KENDARAAN STANDAR SUDAH DIRANCANG SEDEMIKIAN RUPA OLEH PABRIKAN. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MEMPEROLEH KARAKTERISTIK KINERJA MESIN AKIBAT PENGGANTIAN UKURAN KATUP PADA MOTOR MODIFIKASI.
PENELITIAN INI DILAKUKAN DENGAN METODE PENGUJIAN LANGSUNG DI LAPANGAN MENGGUNAKAN ALAT DYNO TEST UNTUK MENGETAHUI NILAI DAYA DAN TORSI. BAHAN BAKAR SAAT PENGUJIAN MENGGUNAKAN PERTAMAX TURBO 98. PENGUJIAN DILAKUKAN DENGAN MEMBANDINGKAN NILAI DAYA, TORSI, DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR MENGGUNAKAN KATUP ORIGINAL ASTREA GRAND 22,5/19,5 MM DENGAN KATUP BINTANG RACING TEAM 28/24 MM. VARIASI UKURAN KATUP AKAN BERPENGARUH PADA HASIL UNJUK KERJA MESIN SEHINGGA NILAI DAYA, TORSI DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR AKAN BERVARIASI.
HASIL PENELITIAN INI DIDAPATKAN TORSI MENGALAMI PENINGKATAN SEBESAR 27,66%. TORSI MAKSIMAL DENGAN MENGGUNAKAN KATUP 22,5/19,5 MM ADALAH 11,1 NM, SEDANGKAN MENGGUNAKAN KATUP 28/24 MM ADALAH 14,17 NM. NILAI DAYA MENGALAMI PENINGKATAN SEBESAR 62,18 %. DAYA MAKSIMAL DENGAN MENGGUNAKAN KATUP 22,5/19,5 MM ADALAH 11,9 HP, SEDANGKAN MENGGUNAKAN KATUP 28/24 MM ADALAH 19,3 HP. AKAN TETAPI SEPEDA MOTOR MENGALAMI PENINGKATAN KONSUMSI BAHAN BAKAR YAITU SEBESAR 14,25%, KETIKA MENGGUNAKAN KATUP 22,5/19,5 MM ADALAH 25,42 KM/L. SEDANGKAN KETIKA MENGGUNAKAN KATUP 28/24 ADALAH 22,25 KM/L. BERDASARKAN DATA DI ATAS MEMBUKTIKAN BAHWA PEMBESARAN UKURAN KATUP PADA MOTOR ASTREA GRAND 145 CC MAMPU MENINGKATKAN UNJUK KERJA MESIN.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DAYA, DIAMETER KATUP, KONSUMSI BAHAN BAKAR, MOTOR BAKAR, TORSI |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 02:08 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 02:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33536 |