Awang Dhany Armansyah (2021) STUDI PEMBELAJARAN DARING PAI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP MUHAMMADIYAH KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (444kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Bab I.pdf
Download (200kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (461kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (683kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (188kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (432kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (205kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada ekonomi namun juga pada pendidikan di Indonesia, akibat dari pandemi ini pemerintah Indonesia mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan pendidikan pada masa pendemi Covid-19, salah satunya pembelajaran di Indonesia dilakukan secara daring. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran daring PAI dan apa dampak dari pembelajaran PAI dengan metode daring di SMP Muhammadiyah Kasihan Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru PAI dan Siswa di SMP Muhammadiyah Kasihan Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah. Observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan metode analisis yang di gunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Proses pembelajaran daring PAI di SMP Muhammadiyah Kasihan Bantul berlangsung menggunakan aplikasi google classroom, whatsapp, instagram dan quiziz. Respon siswa adalah mayoritas siswa yang diwawancarai lebih memilih pembelajaran tatap muka, namun ada siswa yang beranggapan menyukai pembelajaran daring dan ada siswa yang beranggapan pembelajaran daring dan tatap muka sama saja. Respon orang tua adalah orang tua yang jenuh akibat tidak sanggup untuk membimbing anaknya belajar dirumah, mayoritas orang tua menginginkan anaknya untuk pembelajaran tatap muka di sekolah. Adanya faktor penghambat siswa yaitu siswa yang tidak mempunyai perangkat pembelajaran, siswa yang susah memahami materi, sulitnya jaringan internet dan kesulitan dalam teknis pengerjaan tugas. Faktor penghambat guru yaitu siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran, susahnya mencari metode agar siswa tidak mudah bosan dan penilaian siswa yang menggunakan akun keluarga. Hambatan orang tua yaitu orang tua yang tidak mampu mengajari anaknya selama pembelajaran daring, HP yang selalu bergantian dengan anaknya dan orang tua yang sibuk bekerja. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu adanya bantuan kouta pembelajaran, ketersediaan lab konputer dan orang tua yang selalu berkoordinasi dengan guru. Selanjutnya adanya dampak dari pembelajaran daring bagi siswa.
Kata kunci: Pembelajaran Daring, PAI, Pandemi Covid-19
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 03:22 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 03:22 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3354 |