DANDI DWI ALFARIZY (2022) IDENTIFIKASI DAN PENANGANAN DAERAH RAWAN KECELAKAAN DI RUAS JALAN PROPINSI DI KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (630kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (496kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (74kB)
Bab I.pdf
Download (158kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (207kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (132kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (74kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (405kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kecelakaan lalu lintas merupakan hal yang serius mengingat akibat yang ditimbulkan oleh kecelakaan itu sendiri. Ruas jalan provinsi Kabupaten Kulon Progo dalam tahun 2018 – 2021 terjadi kasus kecelakaan lalu lintas sebanyak 819 kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak 81 jiwa, luka berat sebanyak 10 orang, dan luka ringan sebanyak 1407 orang. Penelitian ini akan melakukan analisis identifikasi dan penanganan daerah rawan kecelakaan di jalan provinsi Kabupaten Kulon Progo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angka ekivalen kecelakaan (AEK), kasus per kilometer panjang jalan, dan metode upper control limit (UCL) yang digunakan untuk menentukan daerah rawan kecelakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa jalan provinsi Brosot – Toyan merupakan ruas jalan daerah rawan kecelakaan tertinggi di Kabupaten Kulon Progo dengan jumlah kasus sebanyak 19% atau 152 kejadian kecelakaan lalu lintas yang memiliki korban meninggal dunia sebanyak 14% atau 11 jiwa, luka berat sebanyak 30% atau 3 orang, dan luka ringan sebanyak 18% atau 255 orang. Tipe kecelakaan yang mendominasi adalah tipe tabrak samping dengan 28,3% atau sebanyak 43 kejadian yang disebabkan oleh pengendara yang kurang fokus dalam menyetir dan lain sebagainya. Rekomendasi yang diberikan pada ruas tersebut adalah dengan pemasangan baliho atau spanduk untuk pengendara agar lebih berhati-hati dalam berkendara dan perbaikan atau penambahan rambu lalu lintas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecelakaan lalu lintas, daerah rawan kecelakaan, AEK, kasus perkilometer panjang jalan, UCL |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 06:50 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 06:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33555 |