JUMIATI (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (696kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (259kB)
Bab I.pdf
Download (288kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (481kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (171kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (157kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (390kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (434kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, menganalisis keefektivan pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dalam pelaksanaan pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berjalan cukup baik dengan langkah pelaksanaan berupa tahap persiapan, pelaksanaan dan kegiatan evaluasi, 2) Pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sudah cukup efektif dengan memenuhi lima indikator efektivitas pembelajaran daring yaitu pengelolaan pelaksanaan pembelajaran yang berkategori baik, proses komunikasi yang cukup efektif, respon peserta didik cukup baik, aktivitas belajar yang cukup bervariasi, dan hasil belajar mahasiswa baik, 3) Terdapat kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaannya. Adapun kelebihannya yaitu fleksibel, tidak membutuhkan transport, dapat mempelajari materi terlebih dahulu melalui myklass, efisiensi waktu, meminimalisir budget dan dapat lebih memaksimalkan pembelajaran berbasis IT. Adapun kendala yang dialami yaitu tergantung pada keseriusan dosen dan mahasiswanya, kendala jaringan, partisipasi mahasiswa kurang, mahasiswa kurang fokus pada pembelajaran, pembelajaran kurang maksimal, menghabiskan banyak kuota internet, memerlukan perangkat yang mendukung, tugas lebih banyak dan tidak bertemu secara langsung.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ONLINE LEARNING, EFFECTIVENESS, COVID-19 |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 03:49 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 03:49 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33607 |