PERSEPSI SISWA TERHADAP PROGRAM SIARAN BELAJAR DI RRI PRO 2 YOGYAKARTA (Studi Deskriptif tentang Persepsi Siswa SMP terhadap Proses Komunikasi dalam Siaran Belajar di RRI Pro 2 Yogyakarta pada Pelajaran Matematika Tahun 2020)

Erwin Wijaya Utama (2021) PERSEPSI SISWA TERHADAP PROGRAM SIARAN BELAJAR DI RRI PRO 2 YOGYAKARTA (Studi Deskriptif tentang Persepsi Siswa SMP terhadap Proses Komunikasi dalam Siaran Belajar di RRI Pro 2 Yogyakarta pada Pelajaran Matematika Tahun 2020). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (908kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (874kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

<p xss=removed>Pandemi Covid-19 saat ini telah melanda 10 bulan, sektor kehidupan manusia terdampak oleh adanya virus ini. Salah satunya adalah sektor pendidikan. Hingga saat ini pendidikan di Indonesia masih dilaksanakan sistem jarak jauh dan menghindari tatap muka secara langsung. RRI sebagai lembaga penyiaran publik membuat program belajar untuk memfasilitasi jalannya pendidikan secara jarak jauh. Salah satu materi yang ada pada program ini adalah pelajaran matematika. Program belajar ini mampu menyampaikan materi pelajaran dengan sebatas pada radio yang hanya menyampaikan suara. Metode penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif dengan objek penelitian Persepsi Siswa Program belajar di RRI Pro 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik pengambilan data menggunakan <em>purposive sampling</em> dan teknik analisis data dengan cara <em>indept interview</em> dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Uji validitas data menggunakan triangguulasi sumber bermaksud mengkomparasi dan mengecek drajat keabsahan suatu infroman. Hasil penelitian mendeskripsikan tentang bagaimana persepsi siswa terhadap program belajar di RRI Pro 2 Yogyakarta pada tahun 2020. Persepsi informan yang dipengaruhi latar belakang individu, motif, sikap, kebiasaan saat mengikuti pembelajaran. Persepsi informan terbagi menjadi 2 kategori positif dan negatif. Persepsi positif adalah Program dapat berjalan efektif dan efisien, dengan penyampaian artikulasi yang jelas, penambahan media pembelajaran berupa modul materi dan soal serta koordinasi melalui <em>group whatsapp</em> sebelum mendengarkan. Persepsi negatif adalah keterbatasan pembelajaran yang disampaikan hanya melalui audio dan kurang esensi dari pembelajaran karena tidak bertatap muka. Faktor yang berperan dalam persepsi yaitu faktor external dan internal. Faktor eksternal yaitu usia narasumber, penyampaian pesan, kreatifitas dan kemampuan narasumber dalam menyampaikan materi melalui audio. Faktor internal yang mempengaruhi persepsi yaitu kebiasaan belajar dengan mendengarkan musik dapat mengganggu proses pemahaman materi.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2021 02:49
Last Modified: 20 Oct 2021 03:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3365

Actions (login required)

View Item
View Item